Percepat Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Purbalingga Kunjungi Sekretariat Wakil Presiden

Angka kemiskinan Purbalingga berdasarkan data tahun 2017 masih cukup tinggi, yakni 18.80 persen atau sebanyak 171.880 jiwa

Percepat Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Purbalingga Kunjungi Sekretariat Wakil Presiden
ISTIMEWA
Percepat Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Purbalingga Kunjungi Sekretariat Wakil Presiden 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Angka kemiskinan Purbalingga berdasarkan data tahun 2017 masih cukup tinggi, yakni 18.80 persen atau sebanyak 171.880 jiwa, dengan garis kemiskinan Rp 313.343 perkapita perbulan.

Sedangkan pada tahun 2018, angka kemiskinan sekitar 15.62 persen. meskipun angka itu bersifat sementara.

Hal tersebut diungkapkan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Tingginya angka kemiskinan daerah itu memacu pemerintah kabupaten Purbalingga untuk berupaya mempercepat penanggulangan kemiskinan.

Di antara langkah itu, Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi kemarin, Rabu (5/12) mendatangi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di Sekretariat Wakil Presiden RI.

Kunjungan ini dalam rangka Audiensi, Advokasi dan Konsultasi Mendalam Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Purbalingga.

"Konsultasi ini bagian dari komitmen Pemkab Purbalingga dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Kami juga ingin menyamakan persepsi dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan," katanya.

Kunjungan yang juga melibatkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan daerah (Bappelitbangda) dan OPD terkait yang lain juga berupaya menghimpun data statistik dan sinkronisasi data kemiskinan terpadu kepada TNP2K.

Beberapa hal yang dibutuhkan dalam kunjungan itu antara lain, referensi hasil penelitian empiris atau jurnal ilmiah mengenai faktor yang memengaruhi percepatan penurunan kemiskinan.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved