RSU Hermina Pandanaran Semarang Beri Penyuluhan Pola Hidup Sehat ke Karyawan OJK Jateng DIY

RSU Hermina Pandanaran Semarang memberikan penyuluhan tentang pola hidup sehat kepada puluhan karyawan Otoritas Jasa Keuangan Jateng DIY.

RSU Hermina Pandanaran Semarang Beri Penyuluhan Pola Hidup Sehat ke Karyawan OJK Jateng DIY
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Puluhan karyawan OJK sedang mendengarkan penyuluhan tentang pola hidup sehat dari dokter Adhi Yudhana Sp.PD-FINASIM, dokter spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Hermina Pandanaran di Kantor OJK Jalan. Kyai Saleh, Mugassari, Kota Semarang, Kamis (6/12). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - RSU Hermina Pandanaran Semarang memberikan penyuluhan tentang pola hidup sehat kepada puluhan karyawan Otoritas Jasa Keuangan Jateng DIY, Kamis (6/12/2018)  pagi.

Penyuluhan digelar di Kantor OJK Jateng DIY, Jalan Kiyai Saleh no 12-14, Mugassari, Semarang Selatan.

Dokter spesialis penyakit dalam RSU Hermina Pandanaran Semarang, Adhi Yudhana, Sp.PD-FINASIM menekankan pentingnya pola hidup sehat agar tidak terserang beberapa penyakit saat usia lanjut.

Penyakit tersebut di antaranya stroke, hipertensi, gagal ginjal, kolesterol, gula darah tinggi, dan lain sebagainya.

"Usia lanjut memang rentan terhadap beberapa penyakit yang timbul akibat dari pola hidup tidak sehat semasa muda. Misal saat muda kerap merokok, makan seafood, makanan bersantan, berlemak, dan yang memiliki kolesterol jahat, bisa saja saat usia lanjut terkena serangan jantung. Maka selagi belum merasakan, biasakan untuk konsisten melakukan pola hidup sehat," paparnya.

Pola hidup sehat yang dianjurkan Adhi yakni, tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung lemak jahat, alkohol, bersantan, aneka seafood, dan makanan cepat saji.

Sedangkan makanan yang dianjurkan adalah yang mengandung karbohidirat, protein, lemak, sayur, buah, dan dilengkapi dengan susu.

"Teori makan empat sehat lima sempurna itu baik untuk tubuh. Protein tidak harus dari daging atau ikan. Bisa juga dari tahu, tempe, telur, susu, itu juga mengandung protein. Paling mudah, hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan enak," tutur Adhi.

Selain itu, Adhi menambahkan setiap hari juga wajib melakukan olahraga minimal 30 menit.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved