FOTO-FOTO Banjir di Semarang karena Banjir Kanal Timur Meluap, Sikap Warga Semarang Dipuji Sutopo

Sejak beberapa hari ini sebagian wilayah Semarang terendam banjir. Terbaru, Sabtu (8/12/2018), hari ini air sungai Banjir Kanal Timur meluap

FOTO-FOTO Banjir di Semarang karena Banjir Kanal Timur Meluap, Sikap Warga Semarang Dipuji Sutopo
Tribunjateng.com/Bare Kingkin Kinamu
Anak-anak di Karang Kimpul Selatan RT 09/ RW 1 manfaatkan air yang meluap hingga rumah dan jalan Karang Kimpul untuk berenang, Sabtu (8/12/2018) 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Sejak beberapa hari ini sebagian wilayah Semarang terendam banjir.

Terbaru, Sabtu (8/12/2018), hari ini air sungai Banjir Kanal Timur meluap.

Warga Jalan Karang Kimpul Selatan RT 09/ RW 01, Lastri mulai membersihkan sisa banjir akibat luapan sungai Banjir Kanal Timur, Sabtu (8/12/2018)
Warga Jalan Karang Kimpul Selatan RT 09/ RW 01, Lastri mulai membersihkan sisa banjir akibat luapan sungai Banjir Kanal Timur, Sabtu (8/12/2018) (Tribun Jateng/ bare kingkin kinamu)

Sungai tersebut meluap sekitar pukul 07.30 WIB dan mulai memasuki perkampungan warga di area Jalan Sawah Besar hingga memasuki rumah warga di Karang Kimpul.

"Rumah saya terendam air sekitar selutut. Biasanya di area ini memang banjir, sudah tidak tahun terakhir," tutur warga Karang Kimpul, Slamet Riyadi kepada Tribunjateng.com.

Lurah Kaligawe, Usman Budi Raharjo mengungkapkan untuk mencegah luapan air dari sungah Banjir Kanal Timur akan dilakukan penutupan celah pada sisi sungai banjir kanal timur.

"Ya ini ada bambu sama besi untuk membendung supaya airnya tidak meruah ke pemukiman warga," jelasnya.

"Ini juga banyak sampah ya, harus segera dikeruk," ungkap Usman kepada Tribunjateng.com.
Hingga pukul 10.15 WIB tampak air sungai masih memasuki pemukiman warga di area Jalan Sawah Besar.

Tampak beberapa warga melihar evakuasi pengerukkan sampah.

Tampak pula warga Karang Kimpul mengevakuasi barang-barang yang berharga ke tempat yang lebih aman. 

Ini foto-fotonya:

Anak-anak di Karang Kimpul Selatan RT 09/ RW 1 manfaatkan air yang meluap hingga rumah dan jalan Karang Kimpul untuk berenang, Sabtu (8/12/2018)
Anak-anak di Karang Kimpul Selatan RT 09/ RW 1 manfaatkan air yang meluap hingga rumah dan jalan Karang Kimpul untuk berenang, Sabtu (8/12/2018) (Tribun Jateng/ Bare Kingkin Kinamu)
Anak-anak di Karang Kimpul Selatan RT 09/ RW 1 manfaatkan air yang meluap hingga rumah dan jalan Karang Kimpul untuk berenang, Sabtu (8/12/2018)
Anak-anak di Karang Kimpul Selatan RT 09/ RW 1 manfaatkan air yang meluap hingga rumah dan jalan Karang Kimpul untuk berenang, Sabtu (8/12/2018) (Tribunjateng.com/Bare Kingkin Kinamu)
Beberapa titik  di Jalan Karang Kimpul Selatan masih terendam air meski telah mulai surut, Sabtu (8/12/2018).
Beberapa titik di Jalan Karang Kimpul Selatan masih terendam air meski telah mulai surut, Sabtu (8/12/2018). (Tribunjateng.com/Bare Kingkin Kinamu)
Warga Milatiharjo gang Cimanuk V sedang memberaihkan sisa lumpur banjir, Sabtu (8/12/2018).
Warga Milatiharjo gang Cimanuk V sedang memberaihkan sisa lumpur banjir, Sabtu (8/12/2018). (Tribun Jateng/ Saiful Ma'sum)

Tampak meski banjir melanda, anak anak terlihat ceria. Mereka bahkan memanfaatkan air sebagai mainan.

Sebelumnya, sikap warga Semarang yang tetap adem ayem saat banjir melanda dipuji  Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui cuitan di twitternya.

Sutopo menyertakan video banjir di Semarang yang terjadi pada Minggu (9/12/2018) lalu. 

"Di Semarang banjir seperti ini saja Gubernur, aparat, warga, & netizennya adem. Masih bisa tertawa dan hidup harmoni dengan banjir. Suasana tetap akrab, rukun dan informasinya saling melengkapi. Coba kalau hal ini juga bisa berlaku di banjir Jakarta, alangkah ademnya hidup ini," kata Sutopo.

(*)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved