Guru Honorer Diusulkan Punya Jalur Khusus Untuk Jadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

PGRI mengusulkan adanya Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB)

Guru Honorer Diusulkan Punya Jalur Khusus Untuk Jadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja
Tribun Jateng/ Rival Almanaf
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo memberikan penghargaan kepada seorang guru dalam puncak perayaan hari guru di Jateng, Sabtu (8/12/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PGRI mengusulkan adanya Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) yang mengatur secara khusus rekruitmen untuk guru dan tenaga pendidikan honorer.

Permenpan RB itu dikhususkan untuk guru dan tenaga pendidikan honorer yang selama ini sudah mengabdi dalam seleksi menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi saat menghadiri puncak perayaan hari guru di Semarang, Sabtu (8/12/2018).

Ia menilai peraturan pemerintah tentang PPPK saat ini dirasa tidak berkeadilan bagi guru dan tenaga kependidikan honorer yang telah mengabdi lama.

Hal itu karena dalam pasal 16 peraturan pemerintah tentang PPPK disebutkan bahwa setiap warga negara Indonesia, mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar jika memenuhi persyaratan usia paling rendah 20 tahun dan paling tinggi satu tahun sebelum masa pensiun.

"Kalau begitu mereka yang telah mengabdi peluangnya sama dengan mereka yang baru saja lulus? Itu kan tidak adil. Maka kami mengajukan adanya permenpan RB yang mengatur formasi khusus bagi mereka yang telah lama mengabdi," terang Unifah.

Formasi itu bukan hanya untuk guru, namun juga tenaga kependidikan meliputi pustakawan, pegawai tata usaha, laboran, hingga penjaga sekolah.

Ia menyebut, usulan itu telah ia sampaikan kepada presiden. Dan menurutnya pimpinan negara juga telah meminta kementerian terkait untuk menindaklanjuti.

"Presiden sudah menerima kritik dan masukan kami tanggal lima Desember lalu dan meminta agar kami juga dilibatkan untuk menyusun payung hukum permenpan RB yang akan mengatur formasi khusus bagi guru honorer untuk menjadi PPPK," terangnya.

Halaman
12
Penulis: rival al-manaf
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved