Longsor di Gumelem Wetan Banjarnegara Timpa Rumah dan Putus Akses Jalan

Hujan lebat memicu pergerakan tanah di Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Banjarnegara

Longsor di Gumelem Wetan Banjarnegara Timpa Rumah dan Putus Akses Jalan
Istimewa
Longsor di desa Gumelem Wetan Susukan Banjarnegara timpa rumah warga 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Hujan lebat memicu pergerakan tanah di Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Banjarnegara, Jumat malam (7/12).

Longsor di desa tersebut terjadi di sejumlah titik. Tebing talut di belakang SD N 3 Gumelem Wetan sepanjang kurang lebih 28 meter setinggi 8 meter
mengalami pergerakan atau longsor.

Akibatnya, bangunan WC yang berdiri di area tersebut ambrol terseret longsor.

Nahasnya, runtuhan bangunan permanen itu menimpa rumah Kastaja yang berada di bawahnya. Penghuni rumah tersebur sementara mengungsi ke tempat saudara untuk menghindari hal tak diinginkan.

Longsor juga menimpa teras dan halaman rumah Jaeni. Penghuni rumah tersebut pun terpaksa mengungsi karena tempat tinggal terancam.

"Di RT 01 RW 10, kabel listrik tertimpa patahan pohon Ketapang, tapi sudah tertangani. Tidak ada korban jiwa,"kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arif Rachman, Sabtu (8/12)

Pergerakan tanah juga terjadi di wilayah RT 02 RW 10. Longsor bahkan sampai menutup badan jalan hingga mengakibatkan jalan alternatif Susukan Banjarnegara-Tambak Banyumas tidak bisa dilewati.

Di RT 02 RW 12, longsor juga terjadi hingga menimpa badan jalan di dekat rumah Sapon. Longsor itu juga mengakibatkan jalur alternatif Susukan-Tambak terputus.

Saat ini, jalan terdampak longsor sedang dalam penanganan Dinas Pekerjaan Umum Banjarnegara dengan mengerahkan alat berat untuk mensterilkan jalan dari material longsor.

Adapun di RT 03 RW 10, pergerakan tanah disertai tumbangnya pohon Jenitri hingga menimpa rumah Jasimin.

Mengingat kondisi tanah yang masih labil serta cuaca yang tidak mendukung, kata Arif, masih dimungkinkan terjadi longsor susulan. Tebing terdampak longsor rencananya akan ditutup terpal untuk mencegah terjadinya longsor susulan. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved