Puluhan Bidan PTT di Kabupaten Tegal dan Brebes Bakal Diangkat Jadi CPNS, Ini Syaratnya.

75 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes yang berusia di atas 35 tahun akhirnya diangkat CPNS.

Puluhan Bidan PTT di Kabupaten Tegal dan Brebes Bakal Diangkat Jadi CPNS, Ini Syaratnya.
TRIBUN JATENG/AKHTUR GUMILANG
Anggota DPR RI Komisi IX, Dewi Aryani beraudiensi dengan puluhan Bidan PTT berusia di atas 35 tahun di Kabupaten Tegal, Sabtu (8/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Ada 75 Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes yang berusia di atas 35 tahun akhirnya diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal itu menyusul adanya Keputusan Presiden (Kepres) no 25 tahun 2018 tentang jabatan dokter, dokter gigi, dan bidan sebagai jabatan tertentu dengan batas usia pelamar paling tinggi 40 tahun.

Dari total itu, adapun 31 di antaranya merupakan Bidan PTT asal Kabupaten Tegal berusia di atas 35 tahun yang kini diangkat menjadi CPNS.

Kemudian, untuk Kabupaten Brebes ada 44 Bidan PTT yang juga diangkat dan dinyatakan lolos pada test CPNS lalu.

Jika merujuk Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, maksimal batasan umur untuk mendaftar CPNS sampai usia 35 tahun.

Prihatin Angka Kematian Ibu Melahirkan di Batang Terus Meningkat, Bupati Wihaji Kumpulkan Bidan Desa

Terkait hal itu, Anggota DPR RI Komisi IX, Dewi Aryani mengaku bahwa pihaknya sebenarnya sudah lama menggodok permasalahan itu, khususnya bagi tenaga kesehatan.

Menurut dia, Komisi IX yang fokus pada pembahasan ketenagakerjaan dan kesehatan itu hampir selama tiga (3) tahun membahas permasalahan tenaga kesehatan hingga akhirnya terbit Kepres no 25 tahun 2018.

"Para bidan dengan penuh sabar mendukung dan memberi motivasi kawan-kawan di komisi 9 untuk tetap konsisten memperjuangkan para bidan di atas usia 35 tahun untuk berhak menjadi CPNS," kata Dewi, saat audiensinya bersama puluhan Bidan di Rumah Aspirasi, Sidaharja, Suradadi, Kabupaten Tegal, Sabtu (8/12/2018).

7.000 Bibit Ikan Nila dan Mujair Ditebar di Sungai Ketiwon Kota Tegal

Dari Kepres itu, tambah Dewi, usahanya kembali berbuah hasil setelah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan edaran bernomor : 446/10771/SJ dan 446/10773/SJ kepada Gubernur dan Bupati/Walikota, tertanggal 4 Desember 2018.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved