PMI Kabupaten Batang Bekali Karyawan Tangani Kecelakaan Kerja

Kegiatan yang dilakukan di aula Markas PMI Kabupaten Batang itu dibina relawan PMI Kabupaten Batang yang telah memiliki sertifikat Pelatih.

PMI Kabupaten Batang Bekali Karyawan Tangani Kecelakaan Kerja
Istimewa
Karyawan PT. Jurong Engineering Lestari (JEL) belajar memakaikan perban kepada korban kegawatdaruratan, Senin (10/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Puluhan karyawan perusahaan PT. Jurong Engineering Lestari (JEL) mendapat pelatihan kepalangmerahan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang.

Kegiatan yang dilakukan di aula Markas PMI Kabupaten Batang itu dibina relawan PMI Kabupaten Batang yang telah memiliki sertifikat Pelatih.

Kepala Markas PMI Kabupaten Batang, Achmad Taufiq mengatakan pelatihan tersebut bertujuan agar karyawan memiliki bekal ketika dihadapi persoalan medis ketika bertugas di lapangan.

“Semisal saja rekan kerja mereka tertimpa musibah yang segera butuh pertolongan pertama, mereka sudah bisa menanganinya,” ujarnya, Senin (10/12/2018).

Dalam pelatihan tersebut, karyawan diberikan materi pelatihan yang berkaitan dengan keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) berupa pertolongan pertama keselamatan kerja, evakuasi, kegawadaruratan medis, penanganan luka dan lainnya.

Taufiq mengatakan materi memang perlu diberikan kepada setiap karyawan perusahaan yang rentan terhadap keselamatan kerja.

"Selama ini sudah ada empat perusahaan di Kabupaten Batang yang telah bermitra dengan PMI untuk membina karyawan agar memiliki bekal K3."

"Perusahaan tersebut adalah PT . Jurong Engineering Lestari (JEL) Batang, PT. Cheiljedang (CJ) Feed Batang, PT Miki Moto Industries Batang , PT Kartini Teh Nasional Batang."

"Keempat perusahaan tidak hanya sekali saja melakukan pelatihan namun berkali-kali secara intensif," sambungnya.

Dengan adanya pelatihan yang telah dilakukan beberapa perusahaan tersebut mampu menggugah perusahaan lainnya untuk bekal keselamatan kerja.

“Saya berharap dengan kesadaran empat perusahaan tersebut bisa menggugah perusahaan lain di Kabupaten Batang agar memberikan bekal juga kepada karyawannya sehingga karyawan memilki kemampuan medis dasar yang bakal berguna ketika dibutuhkan,” tandasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: galih pujo asmoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved