Gelar Program Mengajar, BPK Jateng Kenalkan Tugas dan Fungsi BPK pada Siswa SMAN 1 Batang

BPK Republik Indonesia ke- 72, BPK RI Perwakilan Jawa Tengah menyelenggarakan program BPK mengajar di 72 sekolahan di Jawa Tengah

Gelar Program Mengajar, BPK Jateng Kenalkan Tugas dan Fungsi BPK pada Siswa SMAN 1 Batang
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Perwakilan BPK RI Jawa Tengah saat mengajar di SMA 1 Batang, Kamis (13/12/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Menjelang HUT Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia ke- 72, BPK RI Perwakilan Jawa Tengah menyelenggarakan program BPK mengajar di 72 sekolahan di Jawa Tengah.

Yang mana masing-masing Kabupaten/Kota terdapat 2 sekolahan yang akan didatangi oleh Tim BPK mengajar yang langsung dibawah Provinsi Jawa Tengah, satu di antaranya SMA 1 Batang dan SMK 1 Batang menjadi perwakilan untuk Kabupaten Batang.

Perwakilan Tim BPK RI Jawa Tengah Budi Zulianto mengatakan program ini sengaja di gagas oleh pimpinan kami BPK RI Jawa Tengah yakni Hery Subowo dalam rangka menyambut momentum HUT BPK RI ke- 72, yang tujuannya lewat acara ini juga pihaknya ingin memperkenalkan tugas pokok dan fungsi dari BPK dalam keuangan Negara kepada generasi milenial.

"Generasi milenial ini dapat melanjutkan dan memahami peran penting BPK dalam mengawal keuangan negara untuk pembangunan Negara Indonesia. Kami juga memberikan materi-materi tentang pencegahan korupsi dan bahaya apa saja dari dampak korupsi kepada generasi milenial," tuturnya.

Dengan menyasar pada generasi milenial, pihaknya berharap dapat melahirkan bibit baru yang memiliki integritas tinggi

"Harapan kedepan dari kegiatan ini lahir bibit-bibit baru para generasi bangsa yang memiliki integritas tinggi munjunjung nilai-nilai kejujuran guna memajukan kesejahteraan, mencerdaskan kehidupan berbangsa" ujarnya.

Sementara Wakasek SMA 1 Batang Subagyo sangat mengapresiasi dan terimakasih atas berlangsungnya Program BPK mengajar ini menurutnya, kegiatan ini bisa dikatakan sebagai upaya menunjukan exsistensi dari suatu lemabag yakni BPK dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga negara yang mengawasi penggunaan uang negara.

"Dengan kedatangan Tim BPK mengajar di SMA 1 Batang ini siswa dapat termotivasi sekaligus memberi gambaran bahwa kedepan bangsa ini membutuhkan generasi yang lebih baik, memiliki kejujuran dan integritas tinggi,"tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa kita juga berkewajiban untuk memberikan masukan, motivasi kepada anak-anak untuk mempersiapkan dirinya sebagai generasi penerus bangsa yang akan berperan dalam menentukan arah pembangunan bangsa ini.

"Untuk itu perlu sinergitas dari pemda lewat event-event yang tujuanya memperisiapkan generasi melinial ini kearah yang lebih baik guna menyambut 100 tahun Indonesia merdeka," ujarnya.

Sementara Asisten II Pemda Batang, Wondi yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan, ucapan terimaksih kepada Tim BPK mengajar yang telah datang ke Kabupaten Batang untuk memberikan semangat dan motivasi kepada siswa SMA maupun SMK sekaligus memperkenalkan fungsi BPK

Ia berharap generasi selanjutnya bisa mengabdikan diri di suatu lembaga negara BPK maupun yang lain untuk ikut berperan dalam pembangunan Negara.

"Saya juga mengajak anak-anak ikut mensukseskan kebijakan bupati terkaiti program mematikan hp dan tv pada jam 18.00-20.00 wib, karena ini menjadi keprihatinan pemda melihat fenomena zaman. Kita harus secara bijak dalam menggunakan gadget, mimilih teman pergaulan yang benar, menjauhi narkoba dan terus tingkatkan budi pekerti pada diri kita masing-masing,"pungkasnya. (*)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved