883 UMKM se-Jateng dan DIY Telah Menjadi Mitra Binaan Pertamina

Pertamina Regional Jawa Tengah dan DI Yogyakarta telah berhasil merekrut dan membina 883 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

883 UMKM se-Jateng dan DIY Telah Menjadi Mitra Binaan Pertamina
IST
Pertamina Ajak 13 UMKM Mitra Binaan di Semarang Hitz Market 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pertamina Regional Jawa Tengah dan DI Yogyakarta telah berhasil merekrut dan membina 883 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seluruh wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta hingga tahun 2018 ini.

Program pembinaan ini merupakan program yang diperintahkan Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sejak tahun 1993.

Sejak tahun tersebut Pertamina Regional Jateng dan DIY mulai menjalankan program kemitraan itu dengan berpusat di kantor PT Pertamina MOR IV Semarang yang berada di Jalan Pemuda No114, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ke-883 UMKM tersebut bergerak dalam beberapa sektor, di antaranya perdagangan, perikanan, peternakan, pertanian, perkebunan, industri, dan jasa.

Para pelaku UMKM yang menjadi mitra Pertamina mendapatkan pelatihan-pelatihan sesuai bidang dan kemampuannya.

Hal tersebut dapat berupa pelatihan tentang pelaporan keuangan, packaging hingga pelatihan mencakup hal capacity bulding dan atau pemasaran.

Andar Titi Lestari Selaku Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR IV mengatakan, pihaknya memiliki harapan besar dalam membina UMKM se-Jateng dan DIY.

Satu di antaranya sebagai bentuk kontribusi Pertamina dalam memajukan UMKM di Indonesia, maupun Jateng dan DIY pada khususnya.

"Semoga dengan ini Pertamina bisa mengawal para pelaku UMKM agar menjadi UMKM yang tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiflier efek untuk masyarakat sekitar," terang Andar.

Andar juga menghimbau bagi para pelaku UMKM yang hendak bergabung dalam kemitraan, pihaknya siap membantu dan memfasilitasinya dengan semaksimal mungkin.

Halaman
123
Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved