Belasan Ribu E-KTP di Kabupaten Pati Dimusnahkan

Sebanyak 16.564 keping e-KTP dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati.

Belasan Ribu E-KTP di Kabupaten Pati Dimusnahkan
ISTIMEWA
Pemusnahan e-KTP oleh Dispendukcapil Kabupaten Pati. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sebanyak 16.564 keping e-KTP dimusnahkan dengan cara dibakar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati.

Pemusnahan tersebut sebagai langkah menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el rusak atau invalid.

Kepala Dispendukcapil melalui Plt Kabid pelayanan pendaftaran penduduk, Rita Priyandhani menjelaskan bahwa pemusnahan ini telah dilakukan pada Jumat (15/12/2018) lalu di halaman kantor setempat.

"Sesuai dengan surat edaran bahwa e-KTP yang datanya invalid dan rusak harus dimusnahkan, sehingga intruksi tersebut lagsung kami laksanakan dengan melakukan pembakaran di halaman kantor Disdukcapil Pati, disaksikan pula oleh Satpol PP Pati,” jelasnya, Senin (17/12/2018).

Pembakaran juga disebutnya menjadi cara baru dalam standar operasional prosedur (SOP) pemusnahan e-KTP, sebab sebelumnya dilakukan pengguntingan lantas dikirim ke provinsi dan diteriskan ke pusat untuk mencegah penyalahgunaan e-KTP.

Kegiatan pemusnahan dengan cara pembakaran juga dijelaskan Rita masih akan berlanjut secara berkala.

"Karena setiap hari ada kartu identitas yang rusak atau invalid, seperti pindah datang, perubahan status dan lainnya. Jadi kami akan mengumpulkan dari kecamatan, untuk kemudian akan dimusnahkan lagi," lanjutnya.

Bahkan Rita menjelaskan saat ini sudah lebih dari 2 ribu e-KTP terkumpul untuk dilakukan pemusnahan.

Untuk pembakaran selanjutnya akan melibatkan stake holder lebih banyak, seperti Satpol PP, kepolisian, Sekda dan Setwan untuk ikut menyaksikan. (*)

Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved