Peran Konsultan Pajak Membantu Wajib Pajak Untuk Patuh SPT

Menutup tahun 2018, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk Outlook Perpajakan.

Peran Konsultan Pajak Membantu Wajib Pajak Untuk Patuh SPT
TRIBUN JATENG/FAISAL AFFAN
Hestu Yoga Saksama secara simbolis memukul gong untuk membuka acara seminar nasional outlook perpajakan 2019 di Hotel Patra semarang, Senin (18/12/2018) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menutup tahun 2018, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertajuk Outlook Perpajakan 2019, di Hotel Patra Semarang, Senin (18/12/2018) pagi.

Dalam seminar ini, ada tiga pokok pembahasan yang akan dipaparkan di hadapan 254 peserta yang datang dari berbagai kota atau kabupaten.

Satu di antaranya, latar belakang dan landasan hukum pengampunan pajak serta pasca pengampunan pajak.

Muhammad Subakir, Ketua IKPI Pusat, menjelaskan program Tax Amnesti yang dijalankan Dirjen Pajak RI banyak membantu meringankan beban wajib pajak.

Istri Bek Barcelona Gerard Pique, Shakira Didakwa Mengemplang Pajak Rp 233 Miliar

"Mereka merasa pengampunan beban pajak masa lalu sangat membantu. Sehingga setelah mendaftarkan SPT, diharapkan WP (Wajib Pajak) semakin komitmen untuk membayar pajaknya," tuturnya.

Selain itu, kebijaksanaan pemeriksaan pasca pengampunan pajak juga menjadi pertimbangan dalam seminar yang dilakukan.

Subakir menilai, pengawasan wajib pajak pasca periode pengampunan pajak akan memberikan kejelasan, keseragaman, dan prioritas dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan Wajib Pajak (WP).

"Pengawasan ini tidak hanya yang mengikuti program tax amnesti saja. Tetapi juga bagi WP yang tidak mengikutinya. Supaya kami bisa mengajak WP untuk patuh terhadap pajak supaya tidak memberatkan mereka dikemudian hari," terangnya.

Kasmono Tiba-tiba Tersungkur Saat Antre Bayar Pajak Kendaraan di Kantor Samsat

AIoE (Automatic Exchange of Information), juga tak luput dari pembahasan di dalam Seminar Nasional ini.

Tentu pembahasan ini akan memberikan pengertian tentang terbukanya setiap negara dalam memberikan data rekening wajib pajak.

"Dengan adanya sistem ini, WP yang telah membuka rekening di negara lain bisa terlacak secara langsung oleh otoritas pajak di negara asalnya. Sistem ini akan mengurangi peluang pengemplang pajak untuk menghindari pembayaran pajak," imbuhnya.

Dalam seminar ini, IKPI juga mengundang Hestu Yoga Saksama (Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak), untuk memaparkan pelaporan target dan capaian Dirjen Pajak RI per tahun 2018.

Ayo Bayar Pajak Kendaraan, Gebyar Hadiah Samsat 2019 Peluang Menangkan Undian Mobil Lebih Besar

Hestu menganggap peran konsultan pajak sangat berpenaruh dalam meningkatkan pendapatan pajak negara.

"Seluruh konsultan pajak yang ada di sini merupakan jembatan antara WP dengan Dirjen Pajak RI. Tujuannya, supaya mereka (WP) bisa masuk ke dalam sistem dan menjadi warga yang patuh dalam melaporkan pajaknya. Peningkatan kepatuhan pajak tahun ini juga tidak terlepas dari peran konsultan pajak," paparnya di atas panggung. (*)

Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved