Hasil Evaluasi Ujicoba Overpass Manahan Solo : Bus, Truk dan Sepeda Onthel Dilarang Melintas

Dari evaluasi sementara, rencananya bus, truk dan sepeda onthel dilarang melintas ke jalan layang tersebut

Hasil Evaluasi Ujicoba Overpass Manahan Solo : Bus, Truk dan Sepeda Onthel Dilarang Melintas
Tribun jateng/akbar hari mukti
Pengendara motor melintasi Overpass Manahan, Solo, Rabu (19/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Ujicoba Overpass Manahan dilakukan sejak Rabu (19/12/2018) pagi. Dari evaluasi sementara, rencananya bus, truk dan sepeda onthel dilarang melintas ke jalan layang tersebut.

Kepala Dishub Solo Hari Prihatno mengatakan, overpass ini nantinya digunakan untuk dilintasi sepeda motor dan juga kendaraan pribadi.

Hal itu artinya bus, truk dan sepeda onthel rencananya tak boleh melintasi Overpass Manahan.

"Kecuali kami sedang merencanakan bahwa khusus bus tingkat pariwisata dari Dishub Solo bisa melintas," paparnya, Rabu siang.

Sementara untuk sepeda onthel menurutnya akan dilewatkan di sebelah Overpass Manahan.

"Saat ini masih ditutup. Kami belum tahu apakah pelintasan sebidang sebelah overpass dibuka atau tidak. Tetapi kalau dibuka nantinya sepeda bisa lewat situ," ujarnya.

Saat dibuka sejak pukul 9 pagi hingga saat ini, papar Hari, sudah ada sejumlah truk dan bus yang tiba-tiba masuk ke Overpass Manahan. Ke depan, ia mengatakan akan memasang sejumlah rambu larangan truk, bus dan sepeda onthel masuk ke overpass.

Menurutnya ujicoba ini akan dilakukan hingga Kamis (20/12/2018) pukul 10 pagi. Hingga saat ini, tak ada kendala berarti dalam masa ujicoba tersebut.

"Artinya saat ini masih landai-landai saja. Ini masih belum beban puncak," urai dia.

Meski begitu menurutnya potensi kemacetan sudah terjadi di sekitar Overpass Manahan.
"Ada crossing di di kawasan Kota Barat yang harus dihindari," ungkap dia.

Pihaknya mengaku langsung segera menyiasatinya dengan sejumlah cara. Di antaranya memasang rambu apill di depan Polresta Solo.

"Itu supaya kendaraan yang melintas di overpass dari Jalan Adisucipto dapat dibatasi. Sehingga tak kendaraan tak berjubel di overpass," terangnya.

Sementara Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menambahkan karena overpass ini baru pertama kali dibuka untuk ujicoba maka perlu banyak evaluasi lanjutan. Evaluasi ini akan dipikirkan dengan seksama oleh Pemkot Solo.

"Nanti sama Dishub Solo akan dipikirkan gimana-gimananya. Yang jelas kami ingin tak ada kemacetan lagi di Solo," ujar Rudy. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved