DIPA Kabupaten Pati 2019 Capai Rp 2,1 Triliun, Paling Besar Belanja Pegawai Baru Infrastruktur

Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kabupaten Pati Tahun 2019 yakni Rp 2,1 triliun dan jumlah terbesar untuk belanja pegawai, baru infrastruktur.

DIPA Kabupaten Pati 2019 Capai Rp 2,1 Triliun, Paling Besar Belanja Pegawai Baru Infrastruktur
TRIBUN JATENG/DWI LAYLATUR ROSYIDAH
Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2019 oleh Bupati ke Satuan Kerja di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati, Kamis (20/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto menyampaikan besaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kabupaten Pati Tahun 2019 sebesar Rp 2,1 triliun.

Hal tersebut dijelaskannya saat menghadiri kegiatan Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2019 ke Satuan Kerja di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pati, Kamis (20/12/2018).

Jumlah tersebut dijelaskannya turun dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 0,26 persen, atau sekitar Rp 2 miliar karena terdapat sektor tertentu yang berkurang.

Namun hal itu disebutkannya tidak masalah, karena di sisi lain ada pos yang naik seperti dana desa yang kenaikannya mencapai Rp 54 miliar sehingga menjadi sskitar Rp 417 miliar.

"Tetapi perlu kita ketahui bahwa (DIPA) sebagian besar untuk belanja pegawai. Sedangkan untuk sisanya digunakan belanja modal dan juga untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain sesuai dengan perencanaan yang ada," jelasnya.

Petugas Lintas Sektoral di Kabupaten Pati Kembali Lakukan Penertiban Parkir

Banyaknya nominal tersebut, Bupati berpesan keapda seluruh pegawai unruk berhati-hati.

Sebagaimana himbauan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat penyerahan kepada kabupaten / kota, yang juga merupakan pesan dari Presiden Jokowi.

"Pengelolaan keuangan harus hati-hati, sesuai dengan perencanaan, jangan sampai dilakukan penyelewengan," ujarnya.

Dirinya menjelaskan masing-masing satuan kerja yang menerima pasti dan harus punya langkah dalam pengelolaan.

Halaman
12
Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved