Kasus Pengaturan Skor Final Piala AFF 2010, M Ridwan PSIS Bantah Tudingan Rekannya Terlibat

Mantan penggawa Timnas AFF 2010 sekaligus pelatih PSIS Semarang U-19, Muhammad Ridwan membantah tudingan ada pengaturan skor

Kasus Pengaturan Skor Final Piala AFF 2010, M Ridwan PSIS Bantah Tudingan Rekannya Terlibat
Lita Febriani
M Ridwan Pelatih PSIS U19 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, F Ariel Setiaputra

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mantan penggawa Timnas AFF 2010 sekaligus pelatih PSIS Semarang U-19, Muhammad Ridwan membantah tudingan yang menyebutkan beberapa rekannya terindikasi dalam kasus pengaturan skor.

Adanya tudingan pengaturan skor tersebut menyebabkan Timnas Indonesia kalah 3-0 dari Timnas Malaysia dalam pertandingan leg pertama Final Piala AFF tahun 2010.

Kekalahan Timnas Indonesia atas Timnas Malaysia kembali menjadi perbincangan setelah sebelumnya, melalui pernyataan eks manajer Timnas Andi Darussalam dalam program talkshow Mata Najwa, Rabu (19/12/2018) malam menyebut ada keterlibatan pemain atas kekalahan saat itu.

Andi Darussalam bahkan menyebut nama bek Timnas saat itu, Maman Abdurahman diduga terlibat dalam pengaturan skor karena melakukan blunder sehingga berbuah gol pertama bagi Timnas Malaysia kala itu.

Tak pelak, pernyataan itu menggegerkan pecinta sepak bola nasional.

"Saya ingin meluruskan isu yang berkembang, pasca kekalahan saat itu muncul tuduhan bahwa ada sebagian pemain terindikasi match fixing. Saya rasa kok celahnya sangat kecil dan bahkan tidak mungkin," kata M. Ridwan saat memulai pembicaraan dengan Tribun Jateng, Kamis (20/12) petang.

"Alasannya, pertama kami sudah ada di final. Selangkah lagi kami juara. Ada pertaruhan harga diri di situ," ujarnya.

"Yang kedua kami punya anak cucu nantinya, jadi kami harus punya contoh dan cerita yang baik untuk mereka. Dan kami mencari nafkah di sepakbola. Tidak mungkin kami menafkahi, memberikan uang haram kepada keluarga," kata pemain yang menjadi andalan pelatih Alfred Riedl di sisi kanan penyerangan Timnas kala itu.

Menurut dia, pada saat final Piala AFF 2010, pelatih Alfred Riedl memberikan pengawasan ekstra ketat kepada para pemainnya.

Halaman
12
Penulis: Franciskus Ariel Setiaputra
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved