Overpass Manahan Solo Hari Ini Resmi Dibuka

Overpass Manahan Solo resmi dibuka sejak Jumat (21/12/2018). Pembukaan Overpass Manahan ini dilakukan sejak pukul 6 pagi tadi

Overpass Manahan Solo Hari Ini Resmi Dibuka
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Simulasi Overpass Manahan, Solo, Senin (17/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Overpass Manahan Solo resmi dibuka sejak Jumat (21/12/2018). Pembukaan Overpass Manahan ini dilakukan sejak pukul 6 pagi tadi.

Maka dengan rampungnya pembangunan Overpass Manahan, maka akses untuk menyeberangi pelintasan sebidang bagi kendaraan bermotor saat ini ditutup.

Manajemen PT Yasa Patria Perkasa selaku kontraktor telah memasang barikade di sisi barat dan timur terowongan jalan layang, untuk menghalangi pengendara untuk melintas.

"Ditutup rapat. Kami pasang barikadenya agar pengendara tak bisa lewat," ujarnya, Jumat siang.

Selain dipasang barikade, menurutnya juga ada petugas yang disiapkan kontraktor untuk mencegah pengendara menyeberang dari sisi utara ke selatan perlintasan sebidang atau sebaliknya.

Pemkot, lanjutnya, tak mengizinkan pengendara kendaraan tak bermotor untuk melintas di Overpass Manahan.

"Harus diakui barikade sering dibuka paksa pengendara motor, terutama saat malam hari. Biasanya dibuka satu pengendara lalu pengendara lain ikut-ikutan menyeberang. Termasuk pengendara sepeda dan becak," ujarnya.

Sementara Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menjelaskan penutupan perlintasan sebidang disesuaikan UU Nomor 23/2007 tentang Perkeretaapian.

"Kalau sudah ada overpass atau underpass maka perlintasan sebidang aturannya memang wajib ditutup," tandasnya.

Wali Kota berjanji memikirkan akses pengganti bagi pengendara kendaraan tidak bermotor, untuk menyeberangi perlintasan sebidang. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved