Hanafi Bersyukur Matanya Yang Terkena Katarak Sejak Tiga Tahun Dapat Tertangani Berkat Operasi

Hanafi (46), satu di antara pasien yang mendapatkan operasi katarak gratis dari Pollux Habibie Vision mengaku senang.

Hanafi Bersyukur Matanya Yang Terkena Katarak Sejak Tiga Tahun Dapat Tertangani Berkat Operasi
TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Pollux Habibie Vesion menggelar operasi katarak gratis kepada warga masyaraat di Rumah Sakit Sultan Agung Semarang, Sabtu (22/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Hanafi (46), satu di antara pasien yang mendapatkan operasi katarak gratis dari Pollux Habibie Vision, mengatakan sangat senang bisa mendapatkan operasi gratis. Padahal ia sudah menderita katarak sejak tiga tahun yang lalu.

"Iya ini mata sebelah kiri yang katarak. Ini sudah tiga tahun. Sebelumnya saat kontrol disuruh dokter untuk operasi. Namun belum ada biaya karena mahal. Sampai Rp 7 juta kalau operasi," ucap warga Sayung, Demak ini.

Karena tak ada biaya, Hanafi disarankan untuk mendaftar BPJS.

Namun karena masih ada kendala, akhirnya Hanafi diberitahu oleh anaknya yang mendapat informasi jika akan ada operasi katarak gratis di RSI Sultan Agung.

Sambut Hari Ibu, Pollux Habibie Vision Gelar Operasi Katarak Gratis Ke 200 Pasien Di Kota Semarang

"Anak tahunya dari Facebook. Kemudian saya disuruh untuk daftar. Alhamdulillah hari ini bisa dioperasi," terang buruh serabutan ini.

Ketua Pollux Habibie Vision, Saraswati Khasanah, menjelaskan ini merupakan program yang sudah berlangsung sejak 2016. Selain Semarang, kota lain yang disasar Pollux Habibie Vision yakni Jakarta, Banten, Bogor, Pekanbaru, Palangkaraya, Samarinda, Tembilahan, dan Batam.

"Target kami setahun ada 1.000 orang yang mendapatkan operasi katarak gratis. Ini misi yang digagas oleh paman saya, B.J Habibie, supaya masyarakat terbebas dari masalah mata. Karena bagi kami mata adalah segalanya," tuturnya.

37 Pengidap Katarak Mendapat Operasi Gratis

Ia menambahkan, Pollux Habibie Vision juga ingin memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat Indonesia yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan. Sampai saat ini, Pollux Habibie Vision sudah mengobati 2.000 orang.

"Semoga dengan program ini semakin banyak masyarakat yang bisa beraktivitas secara normal tanpa terganggu pengelihatannya. Karena tanpa mata yang sehat, tentu aktivitas pekerjaan akan terganggu," pungkasnya. (*)

Penulis: faisal affan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved