Dukung Smart Village, Disperpuska Batang Revitalisasi 39 Perpusdes

Sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan smart village dan program 1.000 wirausahawan baru Disperpuska Batang merevitalisasi 39 perpustakaan desa.

Dukung Smart Village, Disperpuska Batang Revitalisasi 39 Perpusdes
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Mobil Perpustakaan Kelilingi dikerubungi para pelajar saat mendatangi SD Negeri Cepagan 01, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Rabu (21/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan smart village dan program 1.000 wirausahawan baru yang menjadi visi-misi Pemkab Batang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Batang bekerja sama dengan Perpusnas telah merevitalisasi 39 perpustakaan desa.

Program dengan tajuk Revitalisasi Perpustakaan Umum berbasis Inklusi Sosial ini diharapkan mampu memfasilitasi masyarakat desa, khususnya dalam mengakses informasi dan meningkatkan keterampilan masyarakat.

Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat N Fadilah mengatakan, program ini merupakan revitalisasi program Perpusseru yangmulai digalakkan dari tahun 2017.

"Jadi program ini merupakan kelanjutan program Perpusseru yang kini sudah diambil alih langsung oleh Perpusnas, tujuannya masih sama, kami ingin perpustakaan itu dapat melayani dan memfasilitasi masyarakat berbasis kearifan lokal dan perpus bukan hanya sebagai sarana mencari informasi tapi juga memfasilitasi kegiatan masyarakat ke arah sosial," jelasnya, Senin (24/12/2018).

Hingga 2018 ini, sudah ada 39 perpusdes yang diresmikan, dan lima di antaranya baru diresmikan pada tahun 2018 ini yakni Perpusdes Bawang Kecamatan Bawang, Perpusdes Rejosari Timur Kecamatan Tersono, Pepusdes Keteleng Kecamatan Blado, Perpusdes Kemligi Kecamatan Wonotunggal, dan Perpusdes Kecamatan Candirejo Kecamatan Bawang.

Rakhmat mengatakan bahwa perpustakaan masa kini tidak hanya perkara soal pinjam dan buku saja akan tetapi juga dapat memfasilitasi masyarakat dalam peningkatan kualitas hidup baik dari segi ekonomi, pengetahuan dan teknologi dan lainnya.

Dalam mendukung program tersebut pihaknya juga menyerahkan bantuan dua unit komputer untuk menstimulasi perkembangan Perpusdes.

"Dengan adanya program ini kami harap masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik tidak hanya baca dan pinjam buku, perpus sekarang sudah berkembang menjadi kegiatan belajar masyarakat," pungkasnya.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved