Malam Tahun Baru di Solo Tanpa Kembang Api, Wali Kota Rudy: Kalau Masih Ada Berarti Bukan Orang Sini

Pemkot Solo tak akan gelar pesta kembang api sambut tahun baru 2019. Wali Kota FX Hadi Rudyatmo mengatakan, jika masih ada berarti bukan orang Solo

Malam Tahun Baru di Solo Tanpa Kembang Api, Wali Kota Rudy: Kalau Masih Ada Berarti Bukan Orang Sini
tribunjateng/m sofri kurniawan
FOTO DOKUMEN pesta kembang api malam tahun baru 2014 di Kota Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tak akan menggelar pesta kembang api dan petasan menyambut pergantian tahun baru 2019, 31 Desember 2018 malam mendatang. Sebagai gantinya Pemkot Solo akan merayakannya dengan parade pemukulan gamelan.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, jika masih ada masyarakat yang menyalakan kembang api atau petasan, menurutnya masyarakat tersebut bukan berasal dari Solo.

"Parade gamelannya di Car Free Night (CFN) Jalan Slamet Riyadi Solo. Jika masih ada yang nyalain petasan berarti bukan orang sini," katanya, Selasa (25/12/2018).

Ia mengakui Pemkot Solo sudah membuat surat edaran mengenai hal tersebut. Tetapi pihaknya tak dapat mendeteksi semua masyarakat yang berada di Solo saat malam pergantian tahun.

"Kita tak bisa mengontrol 100 persen bahwa masyarakat tak akan menyalakan petasan atau kembang api. Yang jelas kita upayakan seminimal mungkin hal itu dibunyikan," urainya.

Menurut Rudy perayaan pergantian tahun tak perlu dirayakan dengan petasan, sebab petasan identik dengan sesuatu yang mengagetkan.

Ia menilai, perayaan dengan pemukulan gamelan lebih sesuai dengan ciri khas masyarakat Solo yang adem ayem.

Rudy mengimbau masyarakat khususnya warga Kota Solo mendukung kebijakan tersebut.

Lebih jauh Rudy optimistis dengan tidak menggunakan pesta kembang api tak akan mengurangi kemeriahan perayaan menyambut tahun baru 2019.

"Wong sudah banyak daerah lain yang ikut juga kok. Makanya masih banyak kegiatan lain yang bisa memeriahkan malam pergantian tahun, tak selalu identik dengan kembang api," kata Rudy.(Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved