Liputan Khusus

BISNIS ONLINE: Menguak Geliat Bisnis Endorse Selebgram Kota Semarang

Bukan hanya artis atau penyanyi terkenal yang meraup keuntungan melalui endorse, warga biasa atau mahasiswa pun bisa mendulang rupiah

BISNIS ONLINE: Menguak Geliat Bisnis Endorse Selebgram Kota Semarang
TechCrunch
Ilustrasi Logo Instagram Walkie-Talkie. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Belakangan ini perkembangan pemasaran online melalui endorse atau endorsement makin pesat. Bukan hanya artis atau penyanyi terkenal yang meraup keuntungan melalui endorse, warga biasa atau mahasiswa pun bisa mendulang rupiah, yang penting follower banyak.

Tribun Jateng melakukan penelusuran seberapa jauh perkembangan endorse di Kota Semarang dan sekitarnya. Istilah endorse adalah jenis iklan tertentu yang memanfaatkan selebriti atau orang profesional untuk mengatakan hal baik tentang sebuah produk atau layanan.

Pemilik produk atau brand akan mendapatkan keuntungan karena memakai nama orang terkenal mempromosikan produk miliknya. Sedangkan pemilik akun memperoleh bayaran atau imbalan sesuai kesepakatan.

Selebgram di Kota Semarang, sebut saja Maria Ananing Hirmayu telah menggeluti bisnis ini sejak 2015. selebgram lokal yang telah punya followers sekitar 10 ribu itu, bisa mendapatkan Rp 5 juta per bulan, melalui endorse.

Pemilik akun instagram @aningpoo ini menjelaskan, di kalangannya, profesi ini lebih akrab disebut influencer atau para konten kreator. Bekerja membantu sebuah brand untuk mempromosikan produk, baik lewat instastory atau unggahan foto di instagram.
Ditemui di sebuah café di Jalan Sultan Agung, Semarang, Jumat (21/12) Ananing terlihat sibuk memotret hidangan yang telah ia pesan.

Dijelaskannya bahwa, apa yang dilakukannya tersebut merupakan bagian dari pekerjaan sebagai selebgram.

Dirinya bersama beberapa selebgram Semarang lain diajak berkolaborasi membantu promosi restoran tersebut. Selama grand opening 16-21 Desember 2018 ia dibebaskan untuk memesan hidagan apa saja, namun dengan syarat harus menggunggah dalam akun instagram.

Ananing bercerita profesi sebagai selebgram dijalaninya tanpa disengaja. Pada 2012 ia mulai beralih dari twitter ke media sosial instagram. Saat itu dirinya merupakan duta salah satu provider, mewakili Semarang sehingga sudah cukup banyak followersnya di sosmed berlogokan burung biru.

Untuk menggaet para followers twitter, ikut beralih ke akun instagram miliknya Ananing mensingkronisasikan kedua media sosial tersebut. Singkat cerita, ketika masih duduk di bangku SMA, ada sebuah toko cincin asal Surabaya menawarkan jasa endorse lewat kolom komentar.

Tawaran tersebut diiyakan olehnya dan menjadi awal Ananing menjadi selebgram. Namun ketika itu, mahasiswi semenster 7 Fakultas Hukum Unika Semarang ini tidak meminta bayaran dalam bentuk uang. Namun sebagai imbalan dirinya mendapatkan barang endorsan.

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved