Tsunami Selat Sunda, PMI Solo Berangkatkan Relawan ke Banten

CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto mengatakan pihaknya mengiriman Relawan dan beberapa Staff untuk membantu meringankan korban

Tsunami Selat Sunda, PMI Solo Berangkatkan Relawan ke Banten
Pusdalsis KG
Kondisi mobil-mobil di Wisma Kompas Gramedia Karang Bolong Banten setelah dihantam tsunami, Minggu (23/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Solo merespon kejadian bencana tsunami yang melanda Selat Sunda. Hal tersebut dibuktikan dengan mengirimkan tim bantuan relawan ke Banten, Rabu (26/12/2018).

CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto mengatakan pihaknya mengiriman Relawan dan beberapa Staff untuk membantu meringankan korban.

"Hal ini sudah seizin PMI Pusat dan juga sebagai wujud peringatan hari Sukarelawan PMI yang bertepatan tanggal 26 Desember," paparnya.

Menurutnya pihaknya menerjunkan 10 personel yang memiliki kompetensi medis maupun non medis. Para relawan ini menurutnya akan berangkat pukul 3 sore ini.

Selain itu pihaknya juga membawa dua armada yakni ambulans dan double cabin untuk mobilisasi kegiatan tanggap darurat bencana di sana.

"Para Relawan dan Staff yang diberangkatkan akan difokuskan untuk melakukan evakuasi, pengobatan dan assessment (pendataan lapangan) di daerah terdampak bencana," ujar dia.

Menurutnya pihaknya telah berkoordinasi dengan PMI Pusat maupun Provinsi Jateng terkait pengiriman relawan dan staff untuk tanggap darurat bencana.

Untuk membantu korban bencana alam khususnya di luar daerah, Sumartono mengatakan PMI Kota Solo harus terlebih dahulu meminta izin kepada PMI Pusat seperti pada waktu kejadian bencana di Lombok dan Palu.

"Di samping memberi penanganan medis, di sana nanti relawan bisa melakukan pendataan lapangan sehingga ada laporan kepada PMI mengenai kebutuhan mendesak yang bisa segera dikirimkan dari Solo ke sana," paparnya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved