13 Pejabat Dilantik, Bupati Wihaji Wajibkan Kenakan Busana Adat Khas Batang

Para ASN terlihat kompak mengenakan busana adat lengkap dengan ikat kepala atau blangkon pada laki-laki dan baju kebaya bagi perempuan.

13 Pejabat Dilantik, Bupati Wihaji Wajibkan Kenakan Busana Adat Khas Batang
Tribun Jateng/ Dina Indriani
13 Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat struktural dan fungsional dilantik oleh Bupati Batang Wihaji, di Aula Badan Kepegawaian Daerah ( BKD), Kamis (27/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Ada yang berbeda saat pelantikan Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat struktural dan fungsional di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Pasalnya, para ASN terlihat kompak mengenakan busana adat lengkap dengan ikat kepala atau blangkon pada laki-laki dan baju kebaya bagi perempuan.

"Penggunaan busana adat khas Batang memiliki filosofi untuk mengingatkan pejabat yang di lantik agar melayani warga Batang," tutur Bupati Batang Wihaji seusai melantik di Aula Badan Kepegawaian Daerah ( BKD) Batang, Kamis (27/12/2018).

Ia menjelaskan bahwa pelantikan ini merupakan susulan dari pelantilan pejabat struktural dan fungsional sebelumnya, karena harus menunggu persetujuan Kementerian Dalam Negeri untuk pejabat fungsional Disdukcapil.

"Ada 13 pejabata struktural dan fungsional yang dilantik, masalah pelantikan hanya penundaan aja karena harus ada persetujuan Kemendagri, sehingga baru dilantik," jelasnya.

Disampaikannya juga, bahwa dengan berkembangnya jaman dan percepatan teknologi harus diimbangi pada pelayanan ke masyarakat sesuai dengan standarnya cepat, efektif dan sederhana.

"Untuk membangun Batang jangan pakai logika normal tapi abnormal, ini sudah melalui kajian untuk Batang lebih maju akan tapi tetap jangan sampai melanggar aturan atau regulasi," ujarnya.

Adapun dari 13 jabatan tersebut 8 menduduki jabatan fungsional diantaranya auditor madya Inspektorat Daerah dijabat oleh Harjana jabatan lama Sekcam Tulis, Sugeng Winarto menjabat pengendali dampak lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup.

Sedangkan lima ASN menduduki jabatan struktural di Dinas Catatan Sipil di antaranya Cahyo Wiyanto menjabat Kepala Bidang Pengelolaan Data Informasi Administrasi Data, Tarman Kepala Sub. Bagian Umum dan Kepegawaian.(din)

Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved