Stikes Telogorejo

Pentingnya Kepatuhan Diet pada Pasien Liver Sirosis

Liver Sirosis menjadi penyebab ketujuh kematian di dunia. Sebanyak 25.000 orang meninggal per-tahun akibat Liver Sirosis.

Pentingnya Kepatuhan Diet pada Pasien Liver Sirosis
Shutterstock
ilustrasi liver atau hati 

Oleh Resa NirmalaJona, Nursing Internal Disease

STIKES Telogorejo Semarang

LIVER Sirosis menjadi penyebab ketujuh kematian di dunia.

Sebanyak 25.000 orang meninggal per-tahun akibat Liver Sirosis.

World Health Organization (WHO) mengemukakan bahwa pada tahun 2016 tercatat sebanyak 738.000 pasien meninggal akibat Liver Sirosis.

Salah satu komplikasi yang serin gterjadi padapasien liver sirosis adalah malnutrisi, jumlah yang didapatkan yaitu 50% -90% di antara pasien sirosis.

Selain disebabkan oleh penyakit sirosis itu sendiri, malnutrisi dapat disebabkan dari ketidakpatuhan pasien dalam menjalankan diet yang dianjurkan,

Faktor yang menyebabkan ketidakpatuhan pasien dalam menjalankan diet adalah lamanya proses penyembuhan sehingga menimbulkan efek kejenuhan, stress dan depresi.

Dampak yang ditimbulkan jika pasien tidak patuh dalam menjalankan diet yang dianjurkan yaitu akan menimbulkan kekambuhan penyakit, memperlambat proses kesembuhan yang berimbas pada peningkatan biaya perawatan.

Kepatuhan pasien dalam pemenuhan nutrisi yang tepat sangat diperlukan untuk menunjang kesembuhan, sehingga diperlukan adanya perubahan perilaku pada pasien yang bertujuan untuk meminimalkan angka kejadian malnutrisi pada pasien liver sirosis.(*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved