Polisi Akan Alihkan Arus Lalu Lintas di Alun-alun Kota Tegal Jelang Malam Tahun Baru 2019

Polres Tegal Kota menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas di Alun Alun Kota Tegal saat malam pergantian tahun.

Polisi Akan Alihkan Arus Lalu Lintas di Alun-alun Kota Tegal Jelang Malam Tahun Baru 2019
Tribun Jateng/ Mamdukh Adi Priyanto
Kapolres Tegal Kota, AKBP Siti Rondhijah (tengah) saat memberikan keterangan di Mapolres Tegal Kota.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Polres Tegal Kota menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas di Alun Alun Kota Tegal saat malam tahun baru 2019.

Sejumlah personel juga akan disiagakan untuk mengurai kemacetan di tempat yang menjadi konsentrasi keramaian malam tahun baru.

Sebab, biasanya lokasi alun alun tersebut digunakan untuk perayaan malam tahun baru, pusat kegiatan masyarakat, serta menyaksikan pesta kembang api.

Selain itu, Pemkot Tegal juga mengadakan Maulid Akbar malam tahun baru di alun-alun.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Siti Rondhijah, menuturkan pengalihan arus akan dilakukan agar tidak terjadi antrean di skeitar alun-alun.

"Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan di jalan-jalan menuju alun-alun. Jadi ada akses menuju alun-alun yang tidak bisa dilewati agar tidak terjadi penumpukan," kata Rondhijah saat di mapolres, Senin (31/12/2018).

Akses menuju alun-alun biasanya menjadi titik kemacetan yang berimbas pada arus lalu lintas kendaraan lain yang tidak memiliki tujuan ke alun-alun.

Beberapa akses jalan menuju alun-alun antara lain Jalan Pancasila, Jalan A Yani, Jalan RA Kartini, Jalan KH Nakhrawi, dan Jalan Kaloran.

Pada malam tahun baru, kepadatan disebabkan karena ada titik kumpul di jalan sekitar alun-alun.

"Karena itu, kami akan menempatkan personel di beberapa titik untuk menghalau kendaraan yang akan ke alun-alun. Tidak semua bisa masuk," jelasnya.

Kendaraan yang hendak ke alun-alun, kata dia, akan diminta mengambil jalur lain. Agar tidak terjadi penumpukan sehingga terjadi kemacetan panjang di jalan dalam Kota Tegal.

Kapolres mengatakan fokus pengamanan polisi antara lain akan dilakukan di area-area yang biasa menjadi pusat kumpul warga pada malam pergantian tahun.

"Tempat-tempat yang menjadi perhatian antara lain di tempat wisata, pusat keramaian semisal mal, dan tempat ibadah untuk mengantisipasi adanya ancaman terorisme," imbuhnya.(mam)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved