Hari Pertama Kerja di Tahun 2019, Bupati Wihaji Sidak ke Sejumlah TPS, Ini Temuannya

Hari pertama kerja di awal tahun 2019, Bupati Batang Wihaji melakukan inspeksi mendadak (sidak) sejumlah TPS (Tempat Pembuangan Sampah).

Hari Pertama Kerja di Tahun 2019, Bupati Wihaji Sidak ke Sejumlah TPS, Ini Temuannya
Tribun Jateng/ Dina Indriani
Bupati Wihaji saat sidak di lokasi TPS yang terletak di Jalan Raya Pemuda, Batang, Rabu (2/1/2019).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Hari pertama kerja di awal tahun 2019, Bupati Batang Wihaji melakukan inspeksi mendadak (sidak) sejumlah TPS (Tempat Pembuangan Sampah).

"Hari ini melakukan sidak di awal tahun 2019 terkait sampah, karena sampah merupakan bagian kritik dari masyarakat, mulai dari pengelolaan sampai ke pembuangan," tutur Bupati Wihaji, Rabu (2/1/2019).

Dalam sidaknya tersebut, Bupati wihaji mendapati beberapa TPS berserakan hingga ke jalan raya.

"Setelah saya cek langsung ke beberapa TPS, memang sampah yang menumpuk ternyata belum diambil ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) padahal sudah lewat jadwal jamnya. Pertanyaannya, petugas kemana?," katanya.

Menurut Wihaji, kondisi tersebut memperlihatkan adanya perilaku masyarakat yang masih membuang sampah tidak pada tempatnya.

"Malah tempatnya ini (TPS) tidak penuh justru melebar ke yang lain, sampai ke jalan, kan, sangat mengganggu. Ini menjadi problem yang saya kira harus diperbaiki, mulai dari sistemnya yang sudah saya sampaikan ke bagian Donas Lingkungan Hidup," jelasnya.

Dikatakannya juga pemasalahan mengenai sampah harus ditangani secepat dan sebaik mungkin, terlebih sudah memasukin puncak musim hujan yanh dikhawatirkan menimbulkan permasalahan baru.

"Setelah ini saya minta ke Dinas terkait untuk menangani dengan serius. Karna kan ini musim hujan, jika tidak segera ditangani akan menimbulkan masalah baru," ujarnya.

Wihaji juga menghimbau kepada petugas untuk mengambil sampah dari TPS ke TPA sesuai jadwalnya dan teoat waktu, dan masyarakat untuk membuang sampah di tempat yang telah tersedia.

"Tentu petugas petugas sampah harus bisa tepat waktu dalam pengambilan sampah di TPS ke TPA. Tak kalah pentingnya lagi untuk masyarakat perilakunya harus diubah, saya meminta untuk membuang sampah di tempat yang sudah tersedia," pungkasnya. (din)

Penulis: dina indriani
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved