Selama Setahun, Bawaslu Batang Tangani Enam Dugaan Pelanggaran Pemilu

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang telah menangani enam dugaan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu).

Selama Setahun, Bawaslu Batang Tangani Enam Dugaan Pelanggaran Pemilu
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Ketua Bawaslu Batang, Achmad Soeharto saat menggelar publikasi laporan kinerja pengawasan tahapan Pemilu 2019 di Kantor Bawaslu, Kamis (3/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang telah menangani enam dugaan pelanggaran Pemilihan Umum (Pemilu).

Pelanggaran ini terjadi mulai bulan Oktober 2017 hingga Desember 2018.

Adapun enam dugaan pelanggaran yang terjadi berupa tiga dugaan pelanggaran administrasi dan tiga dugaan pelanggaran pidana pemilu.

"Jenis pelanggaran administrasi yang terjadi antara lain berupa kampanye tanpa surat pemberitahuan, verifikasi keanggotaan partai politik yang tidak sesuai tata cara verifikasi, penertiban APK (Alat Peraga Kampanye) dan bahan kampanye yang tidak sesuai dengan tata cara pemasangan sejumlah 2.033 buah," terang Ketua Bawaslu Batang, Achmad Soeharto saat menggelar publikasi laporan kinerja pengawasan tahapan Pemilu 2019 di Kantor Bawaslu, Kamis (3/1/2019).

Bawaslu Batang dan Petugas Gabungan Tertibkan Angkutan Umum Berstiker Capres

Untuk dugaan pelanggaran pidana pemilu yang terjadi antara lain berupa iklan kampanye di luar jadwal seperti iklan kampanye di media cetak koran dan money politic.

"Ada satu dugaan pelanggaran pidana kampanye di luar jadwal terpenuhi unsur pidana dan diteruskan ke tahap penyidikan oleh penyidik Kepolisian, sedangkan dua lainnya dihentikan karena tidak memenuhi unsur pidana sebagaimana yang dirumuskan dalam pasak pidana Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu," jelasnya.

Dijelaskannya, sumber pelanggaran yang ditangani Bawaslu berasal daru dua sumber yaitu Temuan dan Laporan.

"Dari total enam dugaan pelanggaran yang kita tangani semuanya berasal dari temuan jajaran Bawaslu Kabupaten Batang pada saat melakukan pengawasan," ujarnya.

Bawaslu Batang Siapkan 264 Posko Pengaduan DPTHP

Pengawasan yang dilakukan Bawaslu Batang di wilayah Kabupaten Batang telah tersebar di 15 Kecamatan.

Dari pengawasan di 15 kecamatan tersebut, ditelusuri ada 135 kegiatan kampanye.

Dari jumlah ini, 31 di antaranya merupakan pertemuan terbatas yang telah memberikan surat pemberitahuan ke Kepolisian, 103 kegiatan yang diawasi (Pembentukan Tim Pemenangan, Konsolidasi Parpol, Pengajian, Peresmian dan kegiatan lainnya) serta satu kampanye dalam bentuk lain. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved