Stikes Telogorejo

Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi, Mudah dan Praktis

Pada saat menstruasi, masalah yang banyak dialami wanita adalah rasa tidak nyaman atau rasa nyeri yang hebat dan hal ini biasa disebut dismenore

Manfaat Lidah Buaya untuk Mengatasi Nyeri Menstruasi, Mudah dan Praktis
IST
Lidah Buaya 

Oleh Ns. Rusmiyati, S.Kp. M.Si. Med

Dosen STIKES Telogorejo Semarang

SALAH satu tanda remaja secara biologis yaitu mulainya wanita mengalami menstruasi. Pada saat menstruasi, masalah yang banyak dialami wanita adalah rasa tidak nyaman atau rasa nyeri yang hebat dan hal ini biasa disebut dismenore.

Prevalensi dismenore cukup tinggi dari 183 remaja, 119 (65%) mengalami dismenore dan mengalami penurunan kualitas hidup (70,6%) menjadi mudah tersinggung (44,5%) emosi tidak stabil, dan malas melakukan pekerjaan rutin (Kumhar et al, 2011:267).

Menurut Chandra Mahyuddin, Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Siloam Hospitals Sriwijaya Palembang, ada beberapa obat herbal atau bahan alami yang sudah melalui uji klinis dan dapat digunakan untuk meredakan nyeri haid. Dysmenore / nyeri haid adalah salah satu kondisi yang paling banyak mengganggu wanita.

Banyak perempuan yang mengeluhkan rasa sakit yang kerap datang setiap kali masuk pada masa haid atau datang bulan. Di bawah ini adalah daftar resep tradisional yang bisa kita gunakan untuk mengatasi nyeri haid dengan menggunakan bahan–bahan alami.

Tidak akan sulit diikuti karena bahan yang dibutuhkan mudah kita dapatkan di sekitar rumah kita. Pemakaiannya pun lebih aman karena sama sekali tidak melibatkan zat kimia berbahaya. Dengan pendekatan pengobatan non farmakologis yang sering digunakan remaja untuk mengatasi dysmenore atau nyeri haid antara lain lidah buaya.

Berikut cara penggunaan lidah buaya untuk membantu permasalahan nyeri menstruasi. Caranya dengan menggunakan gel lidah buaya dicampur dengan gula merah. Dikonsumi setiap pagi dengan perut kosong sebelum menstruasi selama 3 minggu.

Lidah buaya merupakan tanaman fungsional karena semua bagian dari tanaman dapat dimanfaatkan. Baik untuk perawatan tubuh maupun untuk mengobati berbagai penyakit. Antrakuinon dalam lidah buaya mengandung aloin dan emodin yang berfungsi sebagai analgesik.

Fungsi analgesik pada lidah buaya adalah antrakuinon. Prostaglandin cenderung untuk merangsang saraf dan sinyal rasa sakit ke otak dan terlibat dalam pembengkakan pembuluh darah di lokasi cedera, membuka ruang di dinding kapiler untuk sel darah putih.

Aktifitas analgesik dari tanaman lidah buaya mengandung carboxypeptidases enzim dan Bradykinase yang cenderung untuk menghilangkan rasa sakit. Jadi tanaman lidah buaya ( Aloe vera ) diketahui mengandung beberapa alkaloid dan zat steroid yang bertanggung jawab atas pelepasan rasa sakit.

Selain itu tanaman lidah buaya dianggap sebagai tanaman ajaib karena banyak manfaat kuratif dan penyembuhan, karena gel yang terkandung dalam lidah buaya terdapat vitamin  A, B1, B2, B3, B6, B12, C dan E. Yang dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi rasa sakit terutama pada saat menstruasi. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved