Pemkab Pekalongan Ganti Semua Lampu Penerangan Jalan Umum Memakai Teknologi Solar Cell

Perkim LH Kabupaten Pekalongan berencana ganti semua unit Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dengan menyematkan teknologi solar cell.

Pemkab Pekalongan Ganti Semua Lampu Penerangan Jalan Umum Memakai Teknologi Solar Cell
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Lampu penerangan Jalan tenaga surya di Desa Sikucing Kecamatan Petungkriyono, Sabtu (5/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dinas Perumahan, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Pekalongan berencana ganti semua unit Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) dengan menyematkan teknologi solar cell.

Walaupun hal tersebut sudah dilakukan dengan memasang 170 titik di wilayah Kabupaten Pekalongan bagian atas, tepatnya Kecamatan Petungkriyono hingga perbatasan Kabupaten Banjarnegara.

Namun, penerapan teknologi solar cell sebagai alternatif pengganti energi listrik konvensional ke energi ramah lingkungan, untuk menerangi jalan yang ada di Kabupaten Pekalongan terus dilakukan secara bertahap.

Foto Detik-Detik Polda Jatim Tangkap Vanessa Angela Diduga Terlibat Prostitusi Online Di Surabaya

Ternyata Segini Tarif Prostitusi Online Vanessa Angel Usai Tertangkap Di Surabaya

Kepala Dinas Perkim dan LH Kabupaten Pekalongan, Trinanto menjelaskan kepada Tribunjateng.com, penerapan solar cell sudah dilakukan dibeberapa titik seperti di Kecamatan Petungkriyono, Kandangserang dan Lebakbarang.

“Teknologi solar cell digunakan di daerah atas, alasannya, walaupun daerah sudah ada jaringan listrik, namun kami tetap berlakukan solar cell untuk mengubah enegi konvensional ke yang lebih ramah lingkungan,” jelasnya, Sabtu (5/1/2019).

Trinanto menambahkan, hingga kini warga di tiga kecamatan menanggapi secara positif, dengan adanya lampu jalan dengan energi solar cell.

“Kami juga berencana memasangnya untuk menerangi jalan di daerah kota kabupaten, seperti di Kecamatan Kajen dan sekitarnya. Untuk Kajen ada sekitar 70 titik nantinya,” tambahnya.

Sebelum Tertangkap Di Kamar Hotel Surabaya, Vanessa Angel Unggah Video Menjemput Rezeki

Trinanto memaparkan, anggaran pengadaan solar cell tersebut gabungan dari Pemkab Pekalongan dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jateng.

"Untuk bantuan dari provinsi Rp 17 miliar yang digunakan untuk memasang LPJU di daerah atas dan Kecamatan Kajen, sedang Rp 5 miliar akan digunakan untuk LPJU dari Karanganyar hingga daerah Lolong. Kami berharap, jika masyarakat menemukan LPJU yang rusak dan tidak menyala, jangan sungkan untuk melapor ke kami, juga bisa lewat pemerintah desa,” imbuhnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved