Selesaikan Sengketa Pemilu, Bawaslu Kabupaten Pati Pedomani Prinsip Keadilan Substansial

Sejak dilantik pada 15 Agustus 2018, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati telah menyelesaikan dua sengketa proses pemilu.

Selesaikan Sengketa Pemilu, Bawaslu Kabupaten Pati Pedomani Prinsip Keadilan Substansial
Tribun Jateng/ Mazka Hauzan Naufal
Bawaslu Kabupaten Pati menggelar Konferensi Pers, Kamis (4/1/2019)  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mazka Hauzan Naufal

TRIBUNJATENG.COM, PATI – Sejak dilantik pada 15 Agustus 2018, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati telah menyelesaikan dua sengketa proses pemilu.

Hal ini diungkapkan pada Konferensi Pers yang diadakan Bawaslu Kabupaten Pati, Kamis (4/1/2019) di Kantor Bawaslu Kabupaten Pati.

Kedua sengketa tersebut termasuk dalam kategori persengketaan antara peserta pemilu dengan penyelenggara pemilu.

Sengketa pertama adalah antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati. Permohonan sengketa diajukan PKS pada 14 Agustus 2018 dan deregister pada 16 Agustus 2018.

Objek sengketa ialah keputusan KPU Kabupaten Pati yang tidak memasukkan Bakal Calon DPRD Kabupaten Daerah Pemilihan (Dapil) V dari partai PKS dalam Daftar Calon Sementara (DCS) DPRD Kabupaten Pati.

Ketua Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati, Ahmadi, memberi penjelasan mengenai objek sengketa ini.

“Pada mulanya, ada 11 bakal calon anggota legislatif (caleg) dari PKS yang terdaftar. Namun, hingga batas akhir perbaikan syarat caleg pada 31 Juli 2018, hanya dua orang yang sudah melengkapi dokumen persyaratan. Keduanya laki-laki, yakni atas nama Kuntoyo dan Slamet,” ujar Ahmadi.

Adapun, 9 bakal caleg lainnya belum memiliki surat keterangan yang menjelaskan bahwa mereka tidak pernah dipidana putusan pengadilan dengan pidana penjara 5 tahun.

Sebetulnya, pada 3 Agustus 2018, dokumen yang kurang dari kesembilan bakal caleg tersebut telah keluar. Namun, karena melebihi batas waktu, KPU tidak menerimanya.

Halaman
123
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved