13 Persen Jalan Rusak di Kabupaten Pekalongan Akan Dikerjakan Tahun Ini

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU TARU) Kabupaten Pekalongan terus lakukan perbaikan akses jalan yang untuk masyarakat.

13 Persen Jalan Rusak di Kabupaten Pekalongan Akan Dikerjakan Tahun Ini
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU TARU) Kabupaten Pekalongan terus lakukan perbaikan akses jalan yang untuk masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU TARU) Kabupaten Pekalongan terus lakukan perbaikan akses jalan yang untuk masyarakat.

Yang terbaru, penyelesaian pembangunan jalan di Kecamatan Petungkriyono hingga Desa Sikucing, dengan dana hampir Rp 10 miliar dari ABPD Pemprov Jateng tahun lalu.

Pada 2019 DPU TARU bakal menyelesaikan beberapa pengerjaan jalan, dimana dari 667 kilometer total panjang jalan yang ada di Kabupaten Pekalongan dinyatakan 87 persen dalam kondisi baik.

Dijelaskan Kepala DPU TARU Kabupaten Pekalongan Wahyu Kuncoro. Jalan di Kabupaten Pekalongan dibagi menjadi beberapa kondisi, di antaranya baik, rusak sedang dan ringan.

“Untuk kondisi dengan rusak sedang dan ringan cakupannya mencapai 13 persen, selain aspal jalan ada juga jalan rigid atau beton terutama di wilayah pegunungan,” jelasnya, Senin (7/1/2019).

Pemilihan jalan rigid dirasa oleh pihaknya tepat diterapkan di jalur-jalur ekstrim, karena usia jalan beton bisa sampai 25 tahun.

“Di tahun ini, ada tiga pengerjaan yang sudah disahkan menggunakan dana APBD melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019, dengan total Rp 18 miliar. Adapun pembangunan akan dilakukan di Jalan Ketintang, Karangjompo dan sebagian di daerah atas hingga perbatasan Banjarnegara yaitu di Desa Gumelem,” tambahnya.

Wahyu menuturkan, Pemkab Pekalongan ingin memberikan akses layak kepada masyarak. Dengan cara memperbaiki jalan secara bertahap.

“Apa lagi di perbatasan, seperti di Desa Gumelem yang langsung berbatasan dengan daerah lain. Kami ingin membuat akses di perbatasan baik, karena perbatasan merupakan cerminan wajah daerah,” ujarnya.

Caption
Kondisi jalan di Desa Gumelem Kecamatan Petungkriyono yang direncanakan akan diperbaiki oleh DPU TARU Kabupaten Pekalongan, Senin (7/1/2019).

Penulis: budi susanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved