Inilah Lima Gaya Hidup Sehat Ala Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono, memberikan saran kepada masyarakat Kota Semarang, supaya mempunyai gaya hidup yang sehat

Inilah Lima Gaya Hidup Sehat Ala Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang
TRIBUN JATENG/FAISAL M AFFAN
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono, memberikan saran kepada masyarakat Kota Semarang, supaya mempunyai gaya hidup yang sehat 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Faizal M Affan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono, memberikan saran kepada masyarakat Kota Semarang, supaya mempunyai gaya hidup yang sehat.

Satu di antaranya meningkatkan semangat Germas (Gerakan Masyarakat Sehat).

"Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan program kesehatan dari Kementrian Kesehatan RI. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia," ucapnya.

Masyarakat bisa melakukan program Germas dengan cara melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, banyak mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan minimal satu bulan sekali, membersihkan lingkungan rumah, dan menggunakan jamban.

"Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan secara sederhana. Tidak sulit jika sudah terbiasa. Dari hal yang sederhana tersebut, saya yakin banyak masyarakat yang kualitas hidupnya naik," imbuhnya.

Menurut data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kota Semarang tahun 2017, ISPA merupakan penyakit yang tertinggi di Kota Semarang. Maka, Widoyono menyarankan untuk melakukan vaksin influenza.

"Vaksin ini sangat membantu masyarakat supaya tidak mudah terkena flu. Karena flu sangat mudah sekali menyerang manusia ketika kondisi kesehatannya sedang turun. Bisa karena kecapekan, kurang tidur, mengonsumsi makanan kurang bergizi, dan lainnya," jelasnya.

Pola tidur yang tepat juga menjadi saran dari Dinkes Kota Semarang. Gangguan pada jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2 bisa terjadi karena kurang tidur.

Tidur yang ideal dilakukan minimal tujuh jam dalam sehari.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved