Panwascam Kutasari Purbalingga Tertibkan Alat Peraga Kampanye di Tempat Ibadah dan Sekolah

Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang menyalahi aturan di wilayah Kecamatan Kutasari.

Panwascam Kutasari Purbalingga Tertibkan Alat Peraga Kampanye di Tempat Ibadah dan Sekolah
Istimewa
Penertiban APK oleh Panwascam Kutasari bersama Satpol PP Purbalingga 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG, PURBALINGGA - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang menyalahi aturan di wilayah Kecamatan Kutasari.

Penertiban dilakukan bersama Satpol PP, PPK, Polsek Kutasari, dan Koramil Kutasari.

Koordinator Divisi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi pada Bawaslu Kabupaten Purbalingga, Setiawati mengatakan, APK yang ditertibkan karena dipasang di tempat terlarang seperti pohon, melintang di jalan, atau di tiang listrik.

“Selain itu, APK yang terpasang di tempat ibadah, sarana pendidikan, dan instansi pemerintahan juga dilaksanakan penertiban,” kata Setiawati.

Mak Basinah Nekat Cegat Bupati Pati Haryanto Lalu Bilang Pak Presiden Perbaiki Rumah Saya

Sampai saat ini APK yang telah ditertibkan oleh Panwascam Kutasari sebanyak 35 APK, terdiri dari tujuh bendera, satu stiker dan selebihnya berupa banner serta baliho.

“Kemungkinan APK yang akan ditertibkan ini masih bisa bertambah karena pelaksanaan penertiban APK ini akan berlangsung di seluruh wilayah Kecamatan Kutasari,” ujarnya.

Setiawati menjelaskan dasar dari pemasangan APK meliputi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Perbawaslu Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Badan Pengawas Pemilu Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu dan PKPU Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

“Selanjutnya tentang Perda Kabupaten Purbalingga Nomor 9 Tahun 2016 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kabupaten Purbalingga serta yang terakhir Perbup Purbalingga Nomor 66 Tahun 2018 tentang Pengaturan Fasilitas Umum sebagai Lokasi Kampanye dan Pemasangan Bahan Kampanye serta APK pada Pemilu Tahun 2019,” jelas Setiawati.

Karyawan Kontrak Ini Bobol ATM Bank Jateng Selama Setahun, Dapatkan Rp 4,4 Miliar Untuk Berjudi

Diketahui, sebanyak 1.192 Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019 ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Purbalingga di tahun 2018.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved