Tiru Thailand, Liga Vietnam Bakal Pakai VAR. Kapan Liga Indonesia Menyusul?

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) berencana untuk menerapkan VAR (Video Assistant Referee) pada kompetisi musim 2019.

Tiru Thailand, Liga Vietnam Bakal Pakai VAR. Kapan Liga Indonesia Menyusul?
dantri.com.vn
Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengumumkan penggunaan teknologi VAR pada konferensi pers di Hanoi, Selasa (8/1/2019). 

TRIBUNJATENG.COM - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) berencana untuk menerapkan VAR (Video Assistant Referee) pada kompetisi musim 2019.

Hal sama sebelumnya diuji coba di Liga Thailand pada 2018 dan Liga Indonesia masih belum ada rencana konkrit soal pemakaian VAR.

Hal itu diumumkan oleh Presiden VFF, Tran Anh Tu, saat menggelar konferensi pers soal pemakaian VAR pada Liga Vietnam di Hanoi, Selasa (8/1/2019).

Hanya saja, penggunaan teknologi ini tak akan diterapkan pada semua laga Liga Vietnam melainkan hanya pada beberapa pertandingan saja.

Rencana VFF ini berkaca dari kesuksesan Liga Thailand yang sudah mencoba penggunaan teknologi ini pada kompetisi musim 2018.

Menaker: 58 Persen Angkatan Kerja Indonesia Lulusan SD dan SMP

"Beberapa kali saya ke Thailand menyaksikan liga di sana menggunakan VAR dan berpikir bahwa Vietnam juga bisa melakukan hal yang sama," kata Tran Anh Tu.

"Ketika kembali, saya bertemu dengan para petinggi (VFF) untuk memutuskan hal ini," tuturnya seperti dikutip BolaSport.com dari dantri.com.vn.

Piala Asia 2019 - Gol Menit Akhir Buat Timnas Vietnam Takluk Dari Timnas Irak

Tran Anh Tu menegaskan, mereka akan memakai VAR untuk edisi awal pada arena besar di negerinya.

"Kami berpikir untuk mencoba penggunaan VAR di stadion-stadion besar seperti  Hang Day, My Dinh, Thong Nhat, dan Binh Duong, dengan menggunakan banyak kamera, kualitas siaran televisi," ucap Tran Anh Tu.

Kalahkan Afrika Selatan, Mesir Jadi Tuan Rumah Piala Afrika 2019

"Kami juga mungkin memilih beberapa laga panas dan memakai VAR. Kami akan mengadakan pertemuan dengan perwakilan Liga Thailand dan saling berbagi pengalaman," ujarnya.

VFF ingin menggunakan teknologi ini demi meminimalisasi kesalahan wasit, meningkatkan kualitas liga di mata penonton, dan membantu citra sepak bola Vietnam ke arah yang lebih baik.

Usai Jalani Sidang Komdis PSSI Selama 2 Jam, Ini Pernyataan Mantan Manajer Persibara Banjarnegara

Di sisi lain, CEO PT Liga Indonesia (LIB), Risha Adi Wijaya pernah angkat bicara soal potensi penggunaan teknologi VAR pada kompetisi sepak bola nasional.

Risha menilai hal ini akan sulit diterapkan di Indonesia, walau dia menyebut pada 2020 ada potensi soal penggunaan VAR.

"Itu butuh waktu, tidak mudah. Kalau mau diterapkan, saya rasa paling cepat 2020," kata Risha kepada wartawan pada 4 Januari 2019. (*)

Editor: suharno
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved