Wali Kota Hendi Luncurkan 72 Bus Trans Semarang Berbahan Bakar Gas

Inovasi dan transfer teknologi terus digenjot Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi. Hendi Luncurkan 72 Bus Trans Bahan Bakar Gas

Wali Kota Hendi Luncurkan 72 Bus Trans Semarang Berbahan Bakar Gas
ISTIMEWA
Inovasi dan transfer teknologi terus digenjot Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi. Hendi Luncurkan 72 Bus Trans Bahan Bakar Gas 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Inovasi dan transfer teknologi terus digenjot Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Kali ini meluncurkan 72 Bus Trans Semarang Bahan Bakar Gas (BBG) melalui kerja sama sister city yang dijalin Kota Semarang, salah satunya dengan Kota Toyama, Jepang.

Peluncuran digelar di Patra Convention Hotel Semarang, Rabu (9/1).

Selain Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang tersebut, Wali Kota Toyama, Jepang, Yoshiaki Harada,serta sejumlah perwakilan Kementerian Republik Indonesia juga turut hadir.

“Kami tidak mau kerja sama yang ada hanya sekedar rundingan tanpa tindak lanjut. Alhamdulillah setelah MoU (Sister City / Kota Kembar) dengan Kota Toyama, langsung ditindaklanjuti dengan mengkonversi bahan bakar solar ke gas untuk transportasi massal,” ungkap Hendi.

Terkait pembiayaan, dirinya menuturkan jika penyiapan Bus Bahan Bakar Gara dilakukan dengan skema joint crediting mechanism, yaitu dengan anggaran oleh Pemerintah Kota Semarang dan Toyama sama besar.

Kerja sama ini, lanjut Hendi, juga terlaksana berkat dukungan fasilitas serta regulasi dari Pertamina, Pertagas Niaga, IGES, ITDP serta Rockefeller Foundation yang memprakarsai program 100 resilient cities (kota tangguh).

Dalam program tersebut, Kota Semarang terpilih sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam jejaring 100 kota tertangguh dunia dengan salah satu program dan strategi yang dilakukan adalah pengembangan transportasi yang terintegrasi.

Ke depan, Hendi juga menjajaki potensi pengembangan hidro energi yang memanfaatkan arus sungai menjadi tenaga listrik.

Hendi melihat Kota Semarang memiliki beberapa sungai dengan arus dan debit yang berpotensi menggerakkan turbin menjadi tenaga lisrik sebagaimana di Toyama.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved