Baru Mampu Layani 150 Pemohon Per Hari, Disdukcapil Pati akan Tingkatkan Pelayanan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati didatangi Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Rabu (9/1/2019) siang

Baru Mampu Layani 150 Pemohon Per Hari, Disdukcapil Pati akan Tingkatkan Pelayanan
Tribunjateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Acim Dartasim berdiskusi dengan Kepala Disdukcapil Kabupaten Pati, Rubiyanto mengenai upaya peningkatan mutu pelayanan publik, Rabu (9/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mazka Hauzan Naufal

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati didatangi Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Rabu (9/1/2019) siang.

Hari itu, Ombudsman Jateng melaksanakan investigasi pelayanan di dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pati, satu di antaranya ialah Disdukcapil. Investigasi tersebut dilakukan tanpa didahului pemberitahuan kepada pihak yang diinvestigasi.

Satu yang disoroti Ombudsman Jateng ialah keterbatasan jumlah pemohon per hari yang mampu dilayani Disdukcapil Pati.

"Mengenai kondisi bahwa hanya 150 pemohon yang mampu dilayani setiap harinya, saya rasa hal ini yang menjadi PR bersama," ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Acim Dartasim.

150 pemohon yang dimaksud tidak termasuk masyarakat yang mengajukan legalisir. Tidak ada pembatasan antrean bagi permohonan legalisir di Disdukcapil Pati.

Acim juga menyoroti nominal honor Tenaga Harian Lepas (THL) yang hanya Rp 35 ribu per hari. Jumlah tersebut masih di bawah UMK Kabupaten Pati. Menurutnya, sebaiknya ada upaya peningkatan honor.

Menurut Acim, Disdukcapil di Jawa Tengah yang pelayanannya sudah baik biasanya tunjangan bagi pegawainya juga memadai. Ia mencontohkan Disdukcapil Semarang dan Kudus.

"Mereka dari sisi kesejahteraan (pegawai) sudah bagus," tuturnya.

Acim menjelaskan, kesejahteraan pegawai sangat mempengaruhi kualitas pelayanan publik.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved