104 Ribu Keluarga Pati Terima Dana Bansos, Rp 110.000 Perbulan

Kepolisian Resor (Polres) Pati menggelar video conference (Vicon) di Ruang Operasi Polres Pati, Jumat (11/1/2019).

104 Ribu Keluarga Pati Terima Dana Bansos, Rp 110.000 Perbulan
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Kegiatan Video Conference di Mapolres Pati dalam rangka menyaksikan prosesi penandatanganan nota kesepahaman antara Kemensos RI dan Polri tentang bantuan pengamanan dan penegakan hukum pada pelaksanaan penyaluran bantuan sosial, Jumat (11/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mazka Hauzan Naufal

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Kepolisian Resor (Polres) Pati menggelar video conference (Vicon) di Ruang Operasi Polres Pati, Jumat (11/1/2019).

Vicon tersebut diselenggarakan untuk menyaksikan prosesi penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tentang bantuan pengamanan dan penegakan hukum pada pelaksanaan penyaluran bantuan sosial.

Hadir pada acara tersebut, antara lain Waka Polres Pati Kompol Danu Pamungkas Totok, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pati Subawi, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pati Suharyono yang hadir mewakili Bupati Pati Haryanto.

Bupati Haryanto berhalangan menghadiri Vicon karena tengah berada di Jakarta.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman tersebut, Polri dan Kemensos bekerja sama terkait pertukaran data dan/informasi, serta bantuan pengamanan dan pengawasan penyaluran Program Bantuan Sosial di Kementerian Sosial.

Bupati Juliyatmono Bersama Kapolres Karanganyar Saksikan Video Conference Penandatanganan Bansos

Nota kesepahaman tersebut berlaku untuk jangka waktu lima tahun terhitung setelah ditandatangani dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan dengan pihak-pihak terkait.

Ditemui usai pelaksanaan Vicon, Suharyono menjelaskan bahwa inti Vicon hari itu ialah nota kesepahaman mengenai penyaluran dana bantuan sosial untuk masyarakat yang tidak mampu.

"Di Kabupaten Pati, ada sekitar 104 ribu keluarga yang menerima dana tersebut. Masing-masing keluarga mendapat Rp 110 ribu per bulan," jelasnya.

Suharyono menjelaskan, bantuan tersebut bersifat nontunai, yakni berupa kartu yang dikeluarkan oleh Bank Nasional Indonesia (BNI).

Kartu tersebut dapat dipergunakan untuk belanja beras atau telur di e-warung.

Kapolsek Margorejo Pati Kembalikan Motor Milik Santi, Pencuri Tinggalkan Motor di Pinggir Jalan

Mengenai rencana kerjasama antara Dinas Sosial Kabupaten Pati dengan Polres Pati, Suharyono mengatakan pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

"Yang jelas, di tingkat pemerintahan pusat, sudah ada kesepakatan antara Kemensos dengan Polri. Biasanya nanti yang di bawah mengikuti, Dinsos provinsi dengan Polda, kemudian Dinsos kabupaten dengan polres. Namun, saat ini belum ada petunjuk dari pemerintah pusat," pungkasnya. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved