Begini Penjelasan Rinci BRT Trans Semarang Soal Cara Kerja dan Keamanan Converter Gas

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bekerjasama dengan Pemkot Toyama, Jepang, melaunching converter gas pada Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang

Begini Penjelasan Rinci BRT Trans Semarang Soal Cara Kerja dan Keamanan Converter Gas
TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV
BRT Trans Semarang Koridor I (Mangkang-Penggaron) saat berhenti di Shelter Simpanglima Semarang, Kamis (10/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Reza Gustav

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bekerjasama dengan Pemkot Toyama, Jepang, melaunching converter gas pada Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, Rabu (9/1/2019) di Patra Hotel, Semarang.

Sebanyak 72 armada kini tak hanya menggunakan solar sebagai bahan bakar, namun juga gas dengan menggunakan alat yang bernama Compress Natural Gas (CNG) dari Jepang.

Hal itu bertujuan mengurangi emisi gas buang, menambah tenaga dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Kepada Tribunjateng.com, Kepala BLU Trans Semarang Ade Bhakti menjelaskan secara rinci mengenai cara kerja alat atau sistemconverter tersebut.

“Converter yang dipasang di BRT Trans Semarang ini adalah jenis DDF (Diesel Dual Fuel), dengan sistem retrofit, yang mencampur dua sumber bahan bakar yaitu solar dan gas.”

“Antara gas dan solar berjalan berbarengan, jadi tugas dari DDF ini mensubtitusi sebagian (50 hingga 60 persen) konsumsi solar pada saat mesin diesel dinyalakan,” terang Ade.

Dirinya menambahkan bahwa mesin diesel pada BRT itu memang tidak menggunakan spark plug (busi), namun alat dari Jepang tersebut memiliki pengganti teknologi fungsi spark plug untuk memantik (ignite) pembakaran bahan bakar gas (BBG).

Sementara itu, Edi Yudistira, seorang mekanik dari BRT Trans Semarang, mengatakan bahwa jumlah gas yang disalurkan ke mesin dapat diatur sesuai kebutuhan dengan Electronic Control Unit (ECU).

“DDF ini mengusung sistem modular, jadi dalam operasionalnya semua bisa di-menej oleh ECU sehingga jumlah gas yg disalurkan ke mesin diatur sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved