Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih, KPU Salatiga Bentuk Relawan Demokrasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga berencana membentuk kelompok relawan demokrasi untuk mengawal proses Pemilu 2019.

Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih, KPU Salatiga Bentuk Relawan Demokrasi
Tribun Jateng/Eka Yulianti Fajlin
Ketua KPU Salatiga dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) di Hotel Laras Asri Salatiga, Senin (10/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM,SALATIGA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga berencana membentuk kelompok relawan demokrasi untuk mengawal proses Pemilu 2019.

Ketua KPU Kota Salatiga, Syaemuri mengatakan jumlah partisipasi pemilih yang mengalami penurunan setiap periode pemilihan dikhawatirkan berdampak pada kualitas penyelenggaraan pemilu.

"Undang-undang 7 tahun 2017 menegaskan pemilu digelar dengan partisipasi masyarakat. Jadi masyarakat menjadi satu indikator penting penyelenggaraan pemilu itu dianggap berhasil atau tidak kuncinya di sana," katanya kepada Tribunjateng.com di kantornya Jumat (11/1/2019)

Menurut Syaemuri, pemilu tanpa keterlibatan pemilih sesungguhnya tidak memiliki makna.

Ia menambahkan, partisipasi diukur bukan sekadar kehadiran pemilih dalam memberikan suara di tempat pemungutan suara (TPS), tetapi keterlibatan pemilih pada keseluruhan tahapan pemilu.

Karenanya, kata Syaemuri, pembentukan relawan menjadi penting agar pemilu berjalan baik serta sukses meningkatkan jumlah partisipasi pemilih untuk datang ke TPS.

"Intinya melalui program relawan demokrasi berdampak pada gerakan sosial masyarakat dimana partisipasi meningkat dan mereka mau menggunakan hak pilihnya," jelasnya

Dikatakan Syaemuri nantinya relawan demokrasi bertugas sebagai pelopor demokrasi mulai dari komunitas mereka.

Secara kerja menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan memberikan pendidikan bagi pemilih.

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved