Perbankan Meneropong Potensi Kredit Komersial 2019

Tahun ini sejumlah bank mulai mendongkrak pertumbuhan bisnis kredit komersial.

Perbankan Meneropong Potensi Kredit Komersial 2019
sebuah bentul layanan dari bank BNI

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Tahun ini sejumlah bank mulai mendongkrak pertumbuhan bisnis kredit komersial. Satu di antaranya Bank BNI yang memprediksi segmen ini dapat tumbuh hingga belasan persen di tahun ini.

Direktur Keuangan BNI, Anggoro Eko Cahyo menjelaskan, sampai saat ini kondisi rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) di sektor kredit komersial masih relatif stabil. Menurut dia, posisi NPL sektor itu lebih baik dibandingkan dengan kuartal III/2018 yang berada di level 2,7 persen.

"Kondisi ini (perbaikan NPL-Red) merupakan efek dari strategi pengelolaan kualitas aset BNI dengan ekspansi selektif untuk kredit baru, serta penyelesaian kredit bermasalah melalui remedial dan restrukturisasi," ujarnya, Rabu (9/1).

Sampai November 2018, penyaluran kredit BNI untuk segmen tersebut tercatat mengalami pertumbuhan sekitar 12-13 persen year on year (yoy).

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) juga setuju kredit komersial berpotensi tumbuh tahun ini. Sekretaris Perusahaan Bank Sumut, Syahdan Siregar mengatakan, NPL kredit komersial perseroan sudah mencapai 4,78 persen per akhir 2018.

Agar NPL tidak melambung, Bank Sumut sudah lebih selektif dalam penyaluran kredit ke segmen ini. Hal itu terlihat dari realisasi pertumbuhan kredit komersial hingga akhir 2018 hanya 5,5 persen secara yoy.

Tahun ini, Bank Sumut memasang target pertumbuhan kredit komersial 19,69 persen atau naik Rp 3,8 triliun. Hanya saja, Syahdan belum dapat merinci besaran realisasi kredit komersial di tahun lalu.

"Fokus kami (tahun ini-Red) ke kredit multiguna, kredit pensiunan, kredit korporasi dan sindikasi," jelasnya.
Membaik

Adapun, Direktur Strategi Risiko dan Kepatuhan Bank Tabungan Negara (BTN), Mahelan Prabantarikso menyatakan, NPL kredit sektor komersial di BTN telah membaik.

Setelah sempat menyentuh 4,96 persen pada pertengahan tahun lalu, per akhir 2018 lalu posisi NPL kredit komersial BTN sudah menurun ke bawah 4,25 persen.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved