RICUH di LP SURAKARTA: Beberapa Tahanan Dipindahkan ke Polda Jateng

Kadivpas Kemenkumham Jateng, Heni Yuwono, kericuhan itu terjadi akibat kesalahpahaman antar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)

RICUH di LP SURAKARTA: Beberapa Tahanan Dipindahkan ke Polda Jateng
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Kericuhan di Rutan Solo, Kamis (10/1/2019). 

TRIBUNJATENG.COM -- Kericuhan yang terjadi di Rutan Klas 1 Surakarta, atau Rutan Solo, pada Kamis (10/1) berimbas pada dipindahkannya beberapa tahanan ke sejumlah rutan dan lapas di sekitar Solo.

Dikatakan oleh, Kadivpas Kemenkumham Jateng, Heni Yuwono, kericuhan itu terjadi akibat kesalahpahaman antar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di rutan tersebut.

"Akibat dari gesekan tersebut, beberapa tahanan kami pindahkan ke Polda Jateng di Semarang," ungkapnya.

 Heni juga menyampaikan, jika pemindahan tahanan itu, tidak hanya di Polda Jateng saja, tetapi di beberapa lokasi.

 "Selain di Polda Jateng kurang lebih 6 tahanan, lalu ada kami pindahkan ke Sragen 1 orang tahanan, Wonogiri 7 tahanan, semuanya adalah tahanan yang langsung berkaitan dengan kerusuhan tadi," katanya, Heni saat berada di Rutan Surakarta.

Heni mengungkapkan jumlah regu pengamanan rutan ditambah dan diperketat, untuk menghindari terjadinya kembali gesekan antar tahanan itu.

"Ada tambahan regu dari tim satgas kami, baik dari Kanwil dan Kantin gabungan dari Solo Raya, misal seperti dari Kanwil ada 10 orang, Klaten 10 orang, dan Boyolali kami kirim ke Rutan Surakarta 10 orang, serta dari eksternal ada dari Polri dan TNI," jelasnya.

Heni menyampaikan kondisi sudah kondusif.

"Kami harap tidak ada lagi gesekan seperti ini, karena sejak jam 17.00 tadi, kondisi di Rutan Surakarta sudah kondusif," pungkasnya.

Wakapolresta Solo AKBP Andy Rifai mengatakan, enam tahanan menyusul enam tahanan lain yang sudah dipindahkan. "Enam tahanan yang pertama juga dipindahkan ke Semarang," ujarnya.

Ia tak merinci di mana tahanan tersebut dipindah. "Yang jelas lokasinya aman untuk para tahanan," ujar dia. Kepala Rutan Solo, M Ulin mengungkapkan keributan yang terjadi di dalam rutan itu disebabkan kesalahpahaman. Untuk saat ini kondisinya sudah kondusif.

"Bantuan dari Polresta Solo untuk pemindahan sejumlah tahanan, dan sekarang kondisinya sudah kondusif," kata dia.

Sama dengan AKBP Andy Rifai, Ulin enggan membeberkan lokasi pemindahan ke 12 tahanan tersebut. Yang pasti dia mengatakan bahwa kondisi di dalam Rutan sudah normal kembali.

"Untuk pemindahan tak bisa kami sebutkan," jelasnya.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja membenarkan ada penyerahan narapidana di Polda Jateng yang sebelumnya direncanakan dibawa ke Lapas Kedungpane Semarang. (hei)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved