Ini Tujuan Bupati Batang Percepat Perda RTRW

Wihaji yakin Kabupaten Batang bisa menjadi kawasan industri pendukung Ibu kota.

Ini Tujuan Bupati Batang Percepat Perda RTRW
Tribun Jateng/Dina Indriani
Bupati Batang, Wihaji (topi putih) saat meninjau Pasar Batang didampingi pihak Disperindagkop dan UKM, Rabu (2/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang terus berupaya untuk mempercepat penyelesaian perubahan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah ( RTRW).

Pasalnya, pengurusan berkas telah berlangsung selama 3 tahun dengan berbagai perbaikan dan membuat ratusan investor hanya bisa menunggu.

"Memang semua ada prosedurnya, berkas yang harus diberikan pun harus lengkap, bahkan selama 3 tahun itu bolak-balik ke Kementerian ATR/BPN, karena ada beberapa peraturan perubahan sehingga harus direvisi," tutur Bupati Batang Wihaji kepada Tribunjateng.com, Minggu (13/1/2019).

"Tahun ini Perda RTRW harus kelar, karena para investor sudah terlalu lama menunggu. Kami khawatir mereka bisa bisa lari," lanjutnya.

Diungkapkannya, penyelesaian Perda RTRW sudah terlihat ada titik terang, karena diinformasikan sudah dalam proses akhir di Kementrian ATR/BPN.

"Sekarang tinggal 1 kali step, dalam waktu dekat kemungkinan besar diundang ke Jakarta untuk melakukan presentasi. Setelah selesai kemudian dibahas ke dewan dan ditetapkan," terangnya.

Dijelaskannya, ada beberapa perubahan perencanaan untuk industri yang harus melibatkan masyarakat di dalamnya.

"Ada beberapa perubahan peraturan karena saya tidak ingin masyarakat Batang istilahnya hanya sebagai penonton," ujarnya.

Sebagai kepala daerah, Wihaji yakin Kabupaten Batang bisa menjadi kawasan industri pendukung Ibu kota.

"Di Batang ada sumber energi PLTU, pelabuhan, jalan tol, kami kira ini kelebihan yang dimiliki. Itu yang menjadi magnet para investor berinvestasi di Batang, "pungkasnya. (*)

Penulis: dina indriani
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved