Olah TKP Penangkapan 10 Pelaku Sweeping di Solo, Kasatreskrim: Pelaku Melawan Pakai Pedang

Polresta Surakarta melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) penangkapan 10 orang yang diduga akan melakukan sweeping.

Olah TKP Penangkapan 10 Pelaku Sweeping di Solo, Kasatreskrim: Pelaku Melawan Pakai Pedang
KOMPAS.com/LABIB ZAMANI
Petugas kepolisian melakukan olah TKP di dua lokasi penangkapan 10 orang yang diduga akan sweeping di Kawasan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/1/2019). 

TRIBUNJATENG.COM - Polresta Surakarta melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) penangkapan 10 orang yang diduga akan melakukan sweeping dan keributan di Solo, Jawa Tengah, Minggu (13/1/2019).

Olah TKP dilaksanakan di dua lokasi tempat dimana tindak pidana tersebut terjadi, yakni di jalan raya dan rumah toko (ruko) di Kawasan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo.

Kasat Reskrim Polresta Surakarta Kompol Fadli menjelaskan, olah TKP di jalan raya ini menggambarkan ketika para pelaku menyerang petugas menggunakan air gun dan pisau lipat.

Setelah itu, sambung Fadli, dilanjutkan ke ruko tempat ditemukannya berbagai senjata tajam (sajam).

Di ruko tersebut, petugas mendapat perlawananan dari para pelaku menggunakan pedagang.

Sehingga, petugas terpaksa mengeluarkan tindak tegas dan terukur kepada para pelaku dengan menembak dua dari 10 orang yang ditangkap saat kejadian itu.

"Olah TKP untuk pembuktian di lapangan bagaimana proses tindak pidana itu terjadi," ujarnya.

Keterangan 10 Tersangka Pelaku Sweeping di Solo Jadi Acuan Polda Jateng Buru Pelaku Lain

Sebanyak 10 orang yang ditangkap pada Sabtu malam tersebut sebelumnya terlibat dalam penyerangan di Rutan Kelas I Surakarta.

"Kasus ini ditangani Polda Jateng. Segera akan kami limpahkan ke sana. Polresta hanya melakukan olah TKP," ujarnya.

Selama kegiatan olah TKP berlangsung, turut dijaga ketat personel gabungan kepolisian dari Brimob dan Sabhara bersenjata lengkap.

Sebelumnya, Kapolresta Surakarta Komisaris Besar Polisi Ribut Hari Wibowo menjelaskan, penangkapan ini berawal dari laporan warga yang melihat sekelompok orang melakukan konvoi di jalan raya dengan membawa senjata tajam.

Menindaklanjuti laporan ini, tim gabungan dari Polresta Surakarta dan Polda Jawa Tengah menyisir lokasi tersebut.

"Kelompok ini kami tangkap di Pasar Klitikan, Semanggi. Kami juga menyita barang bukti yang mereka gunakan untuk membuat keresahan di masyarakat," kata Ribut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Olah TKP di Lokasi Penangkapan 10 Orang yang Diduga akan "Sweeping" di Solo"

Editor: suharno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved