Duta Besar China Belajar Batik Tulis di Museum Batik Kota Pekalongan

Pemkot Pekalongan berencana menjalin kerjasama di bidang ekonomi bersama China, terutama dalam pemasaran kain batik.

Duta Besar China Belajar Batik Tulis di Museum Batik Kota Pekalongan
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Duta Besar China, Xiao Qian beserta rombongan mencoba membatik di Museum Batik Kota Pekalongan, Sabtu (12/1/2018) lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pemkot Pekalongan berencana menjalin kerjasama di bidang ekonomi bersama China, terutama dalam pemasaran kain batik.

Pasalnya, Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian beserta rombongan melakukan kunjungan ke Kota Pekalongan, Sabtu (12/1/2018) lalu, dan melihat potensi batik yang ada.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih menerangkan, Dubes China telah berkeliling di Museum Batik, melihat ragam batik nusantara serta belajar proses membuat batik cap maupun batik tulis.

Kunjungi Masjid Agung Jawa Tengah, Ini Yang Dilakukan Duta Besar China Xiao Qian

“Tentunya dengan kunjungan yang dilakukan Dubes Tiongkok akan lebih mengenal potensi batik di Kota Pekalongan,” katanya, Senin (14/1/2019).

Ia menambahkan, Dubes China telah melakukan kunjungan ke kota-kota di Indonesia seperti Solo, Semarang, Malang, dan terkahir Kota Pekalongan.

“Mudah-mudahan dengan kunjungan Dubes China, akan ada hubungan ekonomi, serta turis-turis dari China dapat ke Kota Pekalongan,” paparnya.

Pihaknya menambahkan, setelah berkeliling melihat koleksi batik, Xiao Qian menyempatkan diri mencoba menggunakan canting cap dan mengaplikasikan malam pada selembar kain dan mencoba membatik menggunakan canting tulis.

“Mereka tertarik pada 12 proses membatik seperti nyungging, yaitu membuat pola atau motif batik, ngelir atau proses pewarnaan kain secara menyeluruh, dan nglorod atau proses meluruhkan malam dengan direbus,” tambahnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved