Liga 1

Kompetisi Liga 1 2019 Tidak Akan Gunakan VAR, CEO PT LIB: Tidak Mudah

CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adi Wijaya, mengatakan bahwa kompetisi Liga 1 2019 dipastikan tidak akan menggunakan asisten wasit video (VAR

Kompetisi Liga 1 2019 Tidak Akan Gunakan VAR, CEO PT LIB: Tidak Mudah
FERI SETIAWAN/SUPERBALL.ID
COO dan CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Tigor Shalomboboy dan Risha Adi Wijaya di Kantor LIB, Menara Mandiri, Jakarta, Jumat (4/1/2019). 

TRIBUNJATENG.COM - CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adi Wijaya, mengatakan bahwa kompetisi Liga 1 2019 dipastikan tidak akan menggunakan asisten wasit video (VAR). 

Hal itu dikarenakan teknologi VAR masih belum bisa dipergunakan di kompetisi kasta tertinggi di persepakbolaan Indonesia.

Kata Risha Adi Wijaya, keputusan kompetisi Liga 1 2019 memakai VAR atau tidak itu bukan dari PT LIB, melainkan PSSI.

Pasalnya, PSSI yang mengurusi semua wasit termasuk peralatannya sebelum ditugaskan memimpin sebuah pertandingan.

Risha Adi Wijaya juga mengatakan bahwa secara teknis VAR bisa dipergunakan apabila semua laga di persepakbolaan Indonesia disiarkan secara langsung atau setidaknya memiliki rekaman pertandingan.

Menurutnya, VAR itu mengacu kepada teknologi kamera yang menentukan keputusan dari sang wasit tersebut.

Perlu diketahui bersama, VAR adalah asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan.

VAR belum menjadi bagian dari Laws of the Game, tetapi penggunaannya telah diuji coba oleh International Football Association Board di beberapa turnamen.

"Kalau itu sudah dipenuhi, VAR baru bisa diterapkan. Tapi proses untuk menggunakan VAR secara teknis butuh waktu paling tidak satu tahun," kata Risha Adi Wijaya kepada BolaSport.com.

"Kenapa? Karena ada proses latihan lagi kepada wasit, kepada kameramen, dan tentu saja itu membutuhkan waktu," ucap Risha Adi Wijaya menambahkan.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved