Pontren Mujahidin Pati Akhirnya Diresmikan

Pondok Pesantren Mujahidin, yang pada hari itu diresmikan oleh Yayasan Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin.

Pontren Mujahidin Pati Akhirnya Diresmikan
TRIBUN JATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Acara tasyakuran dan peresmian Ponpes Mujahidin, Bageng, Gembong, Pati, Minggu (13/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mazka Hauzan Naufal

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Lantunan ayat-ayat alquran terdengar sejak pagi hingga sore dari dalam sebuah bangunan yang bagian luarnya bercat abu-abu, Minggu (13/1/2019).

Bangunan yang tampak baru itu terletak di Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Pati.

Bangunan yang bagian dalamnya bercat hijau itu merupakan Pondok Pesantren Mujahidin, yang pada hari itu diresmikan oleh Yayasan Perguruan Islam Monumen (PIM) Mujahidin.

"Acara hari ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Kegiatannya antara lain khotmil qur'an bil ghoib, pembacaan salawat maulidurrasul, pembacaan manakib dan tahlil, serta makan bersama sebagai wujud rasa syukur atas dibukanya Ponpes Mujahidin," terang Ketua Umum Yayasan PIM Mujahidin, Wahuri Muchtar, seusai acara.

Acara peresmian hari itu antara lain dihadiri oleh pengurus yayasan, pengasuh ponpes, guru-guru madrasah, santri, wali santri, dan tokoh masyarakat setempat.

Wahuri menjelaskan, keesokan harinya, yakni Senin (14/1/2019), pontren asuhan Kiai Akhid Nabhan, Kiai Sulkhan, dan Muhammad Ali Murtadlo Al-Hafidz tersebut akan mulai ditempati oleh santri laki-laki yang berjumlah sekira 25 orang.

Nantinya, di pontren tersebut, para santri antara lain akan mendapatkan materi tafsir alquran, fikih, dan amtsilati (metode membaca kitab kuning).

Adapun pontren untuk santri perempuan telah lebih dulu beroperasi sejak Februari 2018.

Wahuri menuturkan, embrio pontren ini telah ada sejak 1934. Latar tahun tersebut sekaligus merupakan titik mula sejarah berkembangnya Yayasan PIM Mujahidin yang saat ini mengelola RA (setara TK), MI, MTs, MA, Madrasah Diniyyah, TPQ, dan Ponpes yang baru saja diresmikan.

Halaman
12
Tags
Pati
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved