Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Undip: Kampus Mustahil Minta Foto Setengah Telanjang

DR dr Awal Prasetyo, M.Kes.,Sp.THT-KL menegaskan kampus tidak pernah meminta mahasiswanya mencari foto bugil atau setengah telanjang

Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Undip: Kampus Mustahil Minta Foto Setengah Telanjang
net
ilustrasi hacker 

TRIBUNJATENG.COM -- Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Undip Semarang, DR. dr. Awal Prasetyo, M.Kes.,Sp.THT-KL menegaskan kampus tidak pernah meminta mahasiswanya mencari foto bugil atau setengah telanjang untuk kepentingan penelitian.

Bahkan hal tersebut bisa dibilang mustahil apalagi dilakukan secara online.

Dijelaskannya bahwa di FK Undip, penelitian mahasiswa dilakukan untuk memenuhi persyaratan guna mencapai gelar sarjana Program Strata-1 Kedokteran Umum.

Sedangkan bagi mereka yang sudah lulus dokter muda dan tengah menempuh tahap profesi dokter seperti Levina kini tidak perlu melakukan penelitian lagi.

Ketika mahasiswa mengajukan penelitian mereka harus melalui suatu lembaga yang menentukan apakah penelitian itu etikel atau tidak, dalam hal ini adalah komite etik penelitian.

Jika dalam proposal penelitian menyebut harus telanjang itu tidak mungkin karena pasti unetikal atau tidak etis sehingga tidak bakal lolos.

Selain itu, untuk penelitian harus informed concern. Jadi seseorang tidak boleh serta merta diminta darah, difoto, dan lain sebagainya secara serta merta melainkan harus ada perjanjian serta penjelasan tertulis bahwa dia bersedia diambil darahnya sebagai subjek penelitian.

Dijelaskan juga darah, foto tersebut akan diapakan saja nanti.

“Komite etik ini beranggotakan independen, dan dosen pembimbing harus tanda tangan. Ini yang mengajukan penelitian siapa, dosen pembimbing harus tanda tangan baru diajukan ke komite etik,” ujarnya.

Dr. dr. Awal Prasetyo, M.Kes.,Sp.THT-KL menghimbau untuk tidak menanggapi permintaan semacam itu.

Menurutnya kasus yang dialami Dana Paramita sama halnya fenomena mama minta pulsa. Ada nomor asing atau oknum menduplikat akun medsos seseorang untuk kemudian meminta sesuatu, bisa uang, pulsa atau foto.

Dirinya baru kali ini mengetahui ada modus penipuan meminta foto bugil berkedok penelitian. Ia berharap masyarakat bisa lebih berhati-hati dan jangan mudah percaya tawaran dari pihak luar, meski orang tersebut dikenal sekalipun. (tim)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved