Pemilu 2019

Agar Bisa Mencoblos di Pemilu, Napi Napi di Lapas Kelas II B Salatiga Ikuti Perekaman e-KTP

Disdukcapil Kota Salatiga melakukan perekaman KTP Elektronik bagi narapidana rumah tahanan kelas II B Kota Salatiga.

Agar Bisa Mencoblos di Pemilu, Napi Napi di Lapas Kelas II B Salatiga Ikuti Perekaman e-KTP
TRIBUN JATENG/ M NAFIUL HARIS
Seorang narapidana melakukan perekaman KTP elektronik untuk Pemilu 2019 di Rumah Tahanan Kelas II B Kota Salatiga, Kamis (17/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nafiul Haris

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga melakukan perekaman data kepdndudukan guna pembuatan KTP Elektronik bagi narapidana rumah tahanan kelas II B Kota Salatiga.

Kegiatan itu, bagian dari upaya meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat pada pemilu 17 April mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Salatiga, Nugroho Agoes Setijono, mengatakan, secara struktural perekaman sebagai tindaklanjut Dirjen Dukcapil pusat.

"Ini nanti apabila belum selesai akan dilanjutkan periode berikutnya. Data hasil rekam sebagai acuan data yang dibutuhkan KPU," terangnya kepada Tribunjateng.comdilokasi Kamis (17/1/2019)

Nugroho menyebutkan sebanyak 43 warga binaan rutan kelas II B Kota Salatiga dari total berjumlah 144 orang status beserta nama dan alamatnya belum jelas. Dengan adanya perekaman kali ini dapat diketahui identitas diri yang asli.

Melalui rekaman KTP elektronik kali ini  semua warga binaan mendapatkan identitas yang jelas sehingga dapat menggunakan hak pilihnya ketika pemungutan suara di pemilu mendatang. Selanjutnya, seusai direkam langsung diberikan KTP.

"Sesuai database kami dari 144 orang itu maupun 43 tiga yang memang tidak memiliki KTP masih harus diterulusi. Sangat mungkin ada perbedaan NIK, alamat atau nama," ujarnya.

Menurut Nugroho, dari hasil koordinasi bersama pihak lapas dan KPU agar mereka nanti dapat menggunakan hak pilihnya, kembali dilakukan perekaman dan pengecekan data yang ada di Disdukcapil.

Karenanya kata dia, data dari lapas hanya berupa julukan. Sedang identitas resmi banyak belum diketahui.

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved