Undip Semarang Resmikan Gedung Fakultas Psikologi, Rektor: Semua Berawal Dari Mimpi

Total dana yang dikeluarkan untuk pembangunan gedung tersebut sebesar Rp 47,6 miliar dari pagu anggaran Rp 53 miliar.

Undip Semarang Resmikan Gedung Fakultas Psikologi, Rektor: Semua Berawal Dari Mimpi
ISTIMEWA
Istri almarhum Darmanto Jatman, Sri Muryati menggunting pita penanda diresmikannya gedung baru Fakultas Psikologi Undip di Kampus Tembalang Kota Semarang, Kamis (17/1/2019). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Prof Dr Yos Johan Utama dan Dekan Fakultas Psikologi Undip Dr Hastaning Sakti menandatangani prasasti, kegiatan dilanjutkan pengguntingan pita oleh Istri almarhum Darmanto Jatman, Sri Muryati.

Keterlibatan Mbak Mur, sapaan akrab Sri Muryati merupakan bagian dari prosesi peresmian gedung baru Fakultas Psikologi Undip di Kampus Tembalang Kota Semarang, Kamis (17/1/2019) siang tadi.

Dimana almarhum merupakan tokoh pendiri fakultas yang secara tidak langsung pula diimpi-impikan semasa hidup Guru Besar Psikologi Undip Semarang itu. 

Gedung berlantai 8 tersebut oleh pimpinan universitas dan fakultas kemudian diberi nama Gedung Magenta dengan alasan disesuaikan warna bendera pataka Fakultas Psikologi.

Dr Hastaning menerangkan, gedung tersebut dapat diklaim sebagai gedung tertinggi di Kampus Tembalang Kota Semarang.

"Gedung tersebut berada di ketinggian 350 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Dari atas gedung setinggi 54 meter itu, bisa melihat pemandangan Kota Semarang dan menghadap ke Laut Jawa," kata Dr Hastaning dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (17/1/2019).

Pada kesempatan itu dirinya pun berbahagian karena di akhir masa jabatannya dapat berhasil memboyong dari sebelumnya terletak berdekatan dengan Gedung Fakultas Kedokteran Undip, kini di belakang Perpustakaan Widya Puraya Undip.

"Gedung fakultas tersebut dari rancangan awal memang sengaja dihadapkan ke arah laut. Itu adalah amanah atau piweling dari senior sekaligus penggagas berdirinya fakultas ini, Prof Dr Darmanto Jatman. Kala itu almarhum berpesan agar gedung Fakultas Psikologi bisa menghadap ke laut," tuturnya.

Menurut almarhum, lanjutnya, filosofi laut dalam Hasta Brata berarti luas dan dalam.

Jika lebih dimaknai, luas berpengetahuan psikologi dan mendalam dalam menganalisis jiwa.

Halaman
12
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved