Terbukti Ikut Kampanye Caleg, Kades Harjosari Kidul Tegal Akan Disidang PN Pekan Depan

Kepala Desa Harjosari Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal ditetapkan sebagai tersangka karena terlibat kampanye seorang caleg parpol.

Terbukti Ikut Kampanye Caleg, Kades Harjosari Kidul Tegal Akan Disidang PN Pekan Depan
Istimewa
Penyerahan berkas di Kantor Bawaslu Kabupaten Tegal antara Satreskrim Polres Tegal, Kejaksaan Slawi, dan Bawaslu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Kepala Desa (Kades) Harjosari Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal yang telah ditetapkan sebagai tersangka mulai pekan depan akan menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Tegal karena diduga terlibat kampanye seorang Caleg parpol.

Persidangan itu akan segera dilakukan lantaran penyidik Satreskrim Polres Tegal telah menyerahkan berkas perkara dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan Kades berinisial ST ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Slawi, Jumat (18/1/2019) siang di Kantor Bawaslu.

Rencananya, berkas hasil penyidikan atas dugaan keterlibatan ST dalam kampanye seorang Caleg akan diserahkan Senin (21/1/2019) mendatang.

Kasatreskrim Polres Tegal AKP Bambang Purnomo menuturkan, penyerahan berkas tersebut merupakan hasil tahap dua penyidikan sehingga harus dikirim ke Kejaksaan.

Pemkab Tegal Siapkan Kelas Darurat di SD Selapura 02 Tegal

"tahap dua dari penyidik ke kejaksaan. Selain berkas perkara, juga penyerahan tersangka, dan barang bukti,” terang Bambang kepada Tribunjateng.com, Jumat (18/1/2019).

Menurut Bambang, penyerahan dilakukan setelah berkas perkara penyidikan dinyatakan lengkap.

Adapun barang bukti yang diserahkan antara lain, telepon seluler anggota Panwascam Adiwerna yang digunakan untuk merekam kehadiran ST di acara seorang caleg DPRD Kabupaten Tegal.

ST disangkakan pasal 490 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dengan ancaman hukuman pidana kurungan penjara paling lama satu tahun dan denda paling banyak sebesar Rp12 juta.

ST yang baru terpilih pada Pilkades Gelombang pertama pada awal tahun 2018 lalu diduga dengan sengaja melakukan tindakan yang menguntungkan salah satu caleg.

Halaman
12
Penulis: Akhtur Gumilang
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved