Talud Penahan Tanah di Salem Brebes Ambrol, Dua Rumah Warga Terancam

Dua rumah warga di RT 1 RW 2 Desa Bentarsari, Kecamatan Salem, terancam ambrol

Talud Penahan Tanah di Salem Brebes Ambrol, Dua Rumah Warga Terancam
Istimewa
Anggota Koramil Salem bersama warga membuat talud darurat setelah ambrol akibat diguyur hujan lebat, Sabtu (19/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Dua rumah warga di RT 1 RW 2 Desa Bentarsari, Kecamatan Salem, terancam ambrol. Pasalnya, talud penahan tanah pada tebing samping Sungai Cibentar, ambrol setelah diguyur hujan deras, Jumat (18/1/2019) kemarin.

Pejabat Sementara Danramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes, Pelda Jahri, mengatakan dua rumah tersebut milik Darsono dan Casri. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, barang-barang yang berada di kedua rumah itu telah dievakuasi ke tempat yang aman.

"Wilayah Salem dan sekitarnya diguyur hujan yang cukup lama dan deras sehingga mengakibatkan tebing di samping Sungai Cibentar longsor. Tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini, namun kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 10 juta," kata Jahri, Sabtu (19/1/2019).

Ditambahkannya, Babinsa bersama Polsek dan BPBD Salem serta puluhan warga setempat, melaksanakan karya bakti pembuatan penahanan tebing darurat.

"Kami bersama anggota Polsek, dinas terkait dan 20 orang masyarakat membuat talud darurat dari bambu dan karung diisi pasir. Batu juga kami gunakan untuk memperkuatnya," tambahnya.

Meski begitu, masih diperlukan tambahan bronjong untuk memperkuat talud darurat. Dengan dibuatnya talud darurat itu, diharapkan kedua rumah warga dapat terselamatkan dari ancaman longsor. (*)

Caption
- Anggota Koramil Salem bersama warga membuat talud darurat setelah ambrol akibat diguyur hujan lebat, Sabtu (19/1/2019). (*istimewa

3 Lampiran

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved