Penyaluran Kredit Fintech Meroket

Sepanjang tahun lalu, Fintech mencatatkan penyaluran pinjaman hingga mencapai Rp 22,67 triliun. Angka itu naik sekitar 784 persen

Penyaluran Kredit Fintech Meroket
shutterstock.com
Fintech 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Penyaluran pinjaman industri financial technology (fintech) kian deras. Sepanjang tahun lalu, Fintech mencatatkan penyaluran pinjaman hingga mencapai Rp 22,67 triliun.
Angka itu naik sekitar 784 persen secara year on year (yoy). Pada 2017, penyaluran pinjaman fintech lending tercatat sebesar Rp 2,56 triliun.

Lonjakan nilai pinjaman yang tersalur itu mengiringi terus bertambahnya jumlah pemain fintech sepanjang tahun lalu.

Catatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan, ada 88 fintech terdaftar dan berizin per 21 Desember 2018. Padahal, per akhir 2017 baru ada 24 fintech lending yang terdaftar dan berizin.

"Fintech terus menambah portofolio mereka. Pangsa pasarnya juga terus bertambah," kata Kepala Perizinan dan Pengawasan Fintech Direktorat Kelembagaan dan Produk Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK, Alvin Taulu.
Ia menyebut, layanan fintech lending itu akan membantu pebisnis sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk bergerak leluasa.

Alasannya, UMKM akan menerima layanan pendanaan yang sempurna, dari sektor hulu sampai hilir. Mulai dari pemasaran dengan harga terbaik, pengelolaan risiko, logistik, sampai dengan peningkatan kualitas layanan.

"Model yang sempurna ini adalah untuk mematahkan peran para tengkulak dan para pialang sebagai perantara yang sekaligus menyebabkan timbulnya biaya ekonomi tinggi," jelasnya.

Untuk tahun ini, Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menargetkan penyaluran kredit fintech bisa mencapai Rp 40 triliun.

"Setidaknya dua kali dari pertumbuhan tahun ini," kata Ketua AFPI, Adrian Asharyanto.

Untuk mencapai target tahun ini, AFPI akan meningkatkan kolaborasi dengan industri perbankan, serta melakukan ekspansi pasar dan produk. (Kontan/Nur Qolbi)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved